Dua anggota Satpol PP mendapakan atribut Tim Cobra dari Bupati dan Kapolres Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Dua anggota Satpol PP mendapakan atribut Tim Cobra dari Bupati dan Kapolres Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Kabar baru dalam usaha mencegah terjadinya kriminalitas di Lumajang kembali digulirkan oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq bersama Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK.

Satpol PP Lumajang yang selama ini bertugas mengawal Perda, sebagian anggotanya dilebur menjadi satu dengan Tim Cobra bentukan Kapolres Lumajang. Tim yang selama ini mendapatkan apresiasi dari  masyarakat Lumajang diharapkan makin kuat dengan tambahan personil dari Satpol PP.

"Untuk memperkuat unsur keamanan, Pak Bupati bersama kami  dari Polres Lumajang mengambil langkah bersama yaitu menjadikan Satpol PP sebagai bagian dari Tim Cobra. Satpol PP akan dilatih untuk memiliki kemampuan setara Tim Cobra. Langkah ini bertujuan untuk menambah personil Tim Cobra di Kabupaten Lumajang untuk mengantisipasi kriminalitas khususnya begal dan pencurian sapi," kata Kapolres Lumajang dalam rilisnya pada har ini, Senin (12/11).

Masih kata Kapolres Lumajang, nantinya Tim Cobra Polres Lumajang dan Tim Cobra Satpol PP akan saling terkoneksi secara langsung setiap akan melakukan Patroli ataupun operasi-operasi khusus tanpa adanya sekat-sekat birokrasi.

Sementara itu Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq pada kesempatan yang sama mengatakan, peleburan Satpol PP ke dalam Tim Cobra bertujuan untuk untuk mencegah tindak kriminalitas di Lumajang.

"Kepergian bapak AKBP Arsal tidak akan menyurutkan api semangat Tim Cobra karena sekarang Tim Cobra Polres Lumajang akan bersinergi dengan Tim Cobra Satpol PP untuk mengatasi kriminalitas di Lumajang,” jelas Bupati Lumajang.

Dengan masuknya anggota Satpol PP sebagai bagian dari Tim Cobra, disebut Kapolres Lumajang bahwa Bupati Lumajang memiliki semangat yang sama dalam menekan angka kriminalitas di Lumajang.

“Satpol PP saat ini juga menjadi bagian dari Tim Cobra. Saya dan Pak Bupati memiliki semangat yang sama untuk mengatasi kriminalitas di wilayah Lumajang. Kami sepakat untuk meng-Cobra-Kan Satpol PP menjadi bagian dari Tim Cobra," tegas Kapolres  Lumajang AKBP DR. Arsal Sahban, yang dalam beberapa hari kedepan akan menduduki jabatan barunya sebagai Wakapolresta Bogor.