Kantor BKD Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Kantor BKD Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagi pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS), mulai hari ini (Senin, 11/11) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah membuka akses informasi pendaftaran dan persyaratan seleksi CPNS.

Kebutuhan akan informasi terkait formasi dan yang lainnya juga dilakukan di setiap daerah. Salah satunya di Kota Malang. Para calon peserta CPNS bisa mendapatkan informasi terkait formasi yang dibutuhkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui laman http://bkd.malangkota.go.id.

Sayangnya, pagi tadi pukul 09.00 hingga siang sekitar pulul 14.00, web tersebut sangat susah diakses. Hal tersebut menjadikan calon pendaftar CPNS kesulitan dalam mendapatkan informasi pendaftaran maupun informasi formasi CPNS di wilayah Pemkot Malang. 

Beberapa warganet juga terpantau mengomentari postingan dari BKD di sosial media instagram bahwa website tengah down.

Kepala BKD Kota Malang Anita Sukmawati membenarkan bahwa website utama BKD sempat susah diakses beberapa saat lalu. Karena itu, ia meminta tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang untuk melakukan pengecekan jaringan server.

"Iya, web masih susah diakses dari pagi. Kami dan Diskominfo sedang kerja bareng untuk memperbaiki jaringan servernya," ujarnya saat ditemui di kantor BKD Kota Malang.

Ia menambahkan, terkait beberapa informasi pendaftaran maupun informasi formasi CPNS di wilayah Pemkot Malang selain melalui akses website juga bisa dilihat di platform media publikasi online dan cetak di Kota Malang.

Terkait, kendala jaringan tersebut, Anita menyebut karena sistem informari teknologi (IT) yang tidak bisa diperkirakan karena akses yang cukup tinggi dari masyarakat. "Namanya sistem IT kan kami tidak tahu kendalanya bagaimana. Perawatan dari Kominfo sudah. Tapi beberapa hari ini kan aksesnya tinggi. Bisa jadi itu yang menjadikan susahnya akses itu," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Aplikasi dan Telematika Diskominfo Muhammad Sidik menyatakan bahwa website bukan down, tapi hanya mengalami kelambatan saat mengakses yang disebabkan dari trouble-nya sistem di website tersebut.

"Server itu kan terdiri dari beberapa informasi dan aplikasi. Sekarang di BKD sedang menampung dan meng-upload terkait penerimaan CPNS 2019. Ternyata pagi tadi itu ada notifikasi. Salah satu yang untuk membuka menu di situ itu error. Itu menyebabkan aksesnya lambat sekali," paparnya.

Meski begitu, tim teknis BKD dan Diskominfo terus mengupayakan untuk mencari tahu modul atau program/command mana yang bermasalah di website BKD. Apalagi, proses pendaftaran CPNS 2019 masih akan berlangsung lama, sehingga akan diminimalisasi gangguan akses lambat itu.

"Iya memang betul setelah dicek, sulit diakses. Masih kita cari tahu penyebabnya karena ini dunia maya. Yang mengakses ini kami tidak tahu per detiknya. Kayaknya yang menjadi trouble di modul salah satu program di website. Karena saya tes di jaringan itu tidak ada masalah," tandasnya.