Petugas Dinkes Kabupaten Jombang terlihat memeriksa sampel air untuk masak yang diambil dari TKP. (Istimewa)

Petugas Dinkes Kabupaten Jombang terlihat memeriksa sampel air untuk masak yang diambil dari TKP. (Istimewa)


Pewarta

Adi Rosul

Editor

A Yahya


Sebanyak 40 warga Desa Kalang Semanding, Kecamatan Perak, Jombang mengalami keracunan pada Jumat (8/11) kemarin. Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mulai ambil sampel makanan untuk diuji laboratorium.

Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dr Wahyu Sri Harini mengaku telah mengumpulkan beberapa sampel sejak Jumat kemarin. Sampel yang berhasil dibawanya adalah bahan atau bumbu makanan dan sisa makanan.

"Kalau untuk sampel hari ini kita ambil satu sampel, kalau kemarin ada beberapa sampel yang diambil teman-teman yaitu bahan-bahan makanan yang diduga sebagai penyebab keracunan. Hari ini kita ambil sampel airnya," ungkapnya saat diwawancarai di Puskesmas Perak, Jalan Embong Miring, Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Sabtu (9/11) siang.

Dijelaskan Sri, pihaknya belum bisa memastikan keracunan diakibatkan oleh makanan ataupun minuman. Ia masih akan melakukan uji laboratorium terhadap beberapa sampel yang berhasil didapatkan.

"Kita tidak bisa langsung menuduh. Sampel yang diduga akan kita lakukan pemeriksaan laboratorium. Baru dari hasil laboratorium itu keluar, kira-kira disebabkan oleh apa itu nanti ketahuan," bebernya.

Sementara, pihak Dinkes menyebutkan ada 40 warga yang mengalami keracunan. Delapan di ataranya masih menjalani rawat inap, dan sisanya menjalani rawat jalan.

Dijelaskan Sri, puluhan warga keracunan itu mengalami demam, diare, mual-mual hingga mengakibatkan dehidrasi. "Rata-rata mereka keluhannya badannya lemas karena terjadi dehidrasi akibat muntah dan diare yang dialami," ujarnya.

Beruntung, seluruh korban bisa cepat tertangani sehingga tidak mengalami dampak fatal dari keracunan. "Puskesmas sudah sigap menangani pasien-pasien ini, segera dilakukan rehidrasi dengan dipasang infus. Sedangkan yang dalam pemeriksaan bisa dilakukan rawan jalan, diberikan obat dan dilakukan perawatan jalan," kata Sri.

Diberitakan sebelumnya, 40 warga Desa Kalang Semanding, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang mengalami keracunan massal. Puluhan warga keracunan itu, setelah menyantap hidangan makanan yang didapat dari selamatan 40 hari meninggalnya warga setempat.(*)

 


End of content

No more pages to load