Salah satu peserta khitanan massal saat dijenguk Bupati Jember (foto : Izza / Jatim TIMES)
Salah satu peserta khitanan massal saat dijenguk Bupati Jember (foto : Izza / Jatim TIMES)

Khitanan massal gratis yang digelar Pemkab Jember pada Sabtu (9/11/2019) diikuti oleh 192 anak dengan melibatkan 40 tim medis berpengalaman. 

Selain itu khitanan massal dalam rangka untuk memperingati Hari Santri Nasional ini, Pemkab Jember juga menampilkan berbagai hiburan untuk anak-anak.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Santri Nasional, dengan melakukan khitan kepada anak-anak.  Ini bentuk kepedulian pemerintah dalam menyiapkan generasi penerus sekaligus meringankan beban orang tua, dan kegiatan kali ini juga melibatkan beberapa OPD untuk membantu memenuhi kebutuhan anak-anak,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Beberapa pihak yang dilibatkan dalam kegiatan khitanan massal ini, diantaranya Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unej, BKKBN, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah, seperti Dispenduk dan juga Dispendik.

“Kami senang dengan adanya mahasiswa FKG yang ikut dalam kegiatan ini, mereka ikut andil walau hanya dengan menghibur dan memberi edukasi kepada anak-anak melalui panggung boneka. Selain itu, dalam kegiatan khitanan massal ini. Kami juga mendata anak yatim dan yatim piatu, tadi ditemukan ada beberapa dari peserta khitanan massal yang ternyata anak yatim, dan untuk anak-anak ini dilakukan pendataan untuk mendapatkan hak-haknya seperti beasiswa dan hak lainnya,” beber Bupati.

Sementara untuk peserta khitan massal ini sendiri, Bupati Jember juga memberikan beberapa souvenir, diantaranya uang saku, baju, songkok dan juga sarung. 

Apalagi peserta khitan massal tidak hanya diikuti oleh warga Jember, tapi juga ada 2 peserta dari luar daerah.

“Mereka yang ikut khitan kita beri oleh-oleh diantaranya uang saku, dan perlengkapan baju untuk khitan, dan tadi ada 2 anak dari luar Jember, 1 dari Brebes dan 1 dari Tulungagung,” pungkas Bupati. (*)