RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar (Foto: ist)

RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar (Foto: ist)



Layanan psikologi semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan yang bersifat psikologis. Klinik Psikologi RSUD Mardi Waluyo menyediakan layanan psikologi yang dapat menolong dan memfasilitasi untuk pencegahan, pengembangan, dan penyelesaian masalah psikologis.

Psikolog Klinik Psikologi RSUD Mardi Waluyo, Agustina Dwi Rahmawati, S.Psi, M.Psi,  mengatakan, orang menilai pemahaman tentang sehat dan sakit itu hanya seputar kondisi fisik. Padahal, kesehatan jiwa tak kalah penting dibanding kesehatan fisik. Jika fisik sehat ditunjang dengan jiwa yang sehat, maka seseorang dapat beraktivitas sesuai peran dan fungsinya secara maksimal.

“Minimal, setiap orang akan membutuhkan layanan psikologi sebanyak satu hingga tiga kali. Mulai dari psikotes untuk masuk sekolah, penjurusan, atau dalam rangka melamar pekerjaan. Oleh karenanya, layanan psikologi sangat bervariasi. Disesuaikan untuk berbagai usia dan kebutuhan,” jelasnya.

Psikologi, kata Agustin, tidak hanya mempelajari pikiran, tetapi juga hubungan antara pikiran dan pengaruhnya terhadap beberapa hal. “Seperti perilaku, sifat, kemampuan belajar dan kognitif, kemampuan motorik, dan fungsi manusia secara keseluruhan,” tambahnya.

Menurut dia, layanan psikologi diberikan oleh seorang psikolog tidak ditunjang dengan kewenangan pemberian obat. Oleh karena itu, psikolog akan memfasilitasi kebutuhan klien melalui layanan konseling, terapi, tes psikologi (psikotes).

“Penerima layanan dapat dibedakan menjadi klien individual, klien industri atau organisasi, dan klien komunitas. Beda penerima, tentu akan beda pula jenis pelayanannya,” terangnya.

Agustin mencontohkan, konseling yang berhubungan dengan deteksi gangguan perkembangan, biasanya dilengkapi dengan tes psikologi seperti tes IQ, bisa untuk anak, remaja, dan dewasa. Tes kematangan sosial, hingga tes kepribadian. Selain itu, juga melayani deteksi dini tumbuh kembang, tes bakat minat, dan tes seleksi karyawan sesuai level yang ingin diseleksi. “Bisa juga psikotes untuk calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan berangkat ke luar negeri,” ujarnya.

Dalam melayani pasien, Klinik Psikologi di RSUD Mardi Waluyo ini buka pada hari Selasa dan Rabu dengan jam pendaftaran dimulai pukul 07.30-11.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat 07.30-10.00 WIB.

Keunggulan pelayanan psikologi di RSUD Mardi Waluyo yaitu melayani penyembuhan atau penyegahan terhadap gangguan jiwa, membentuk perilaku sehat secara perorangan maupun kelompok masyarakat serta meningkatkan perkembangan jiwa dan kualitas hidup seseorang, membantu mengatasi masalah tumbuh kembang anak disetiap tahapan perkembangan.(*)


End of content

No more pages to load