Foto muhlis/jatimtimes/kawah ijen
Foto muhlis/jatimtimes/kawah ijen

Hari ini, kawasan wisata dunia kawah Ijen kembali dibuka untuk para wisatawan. Sebelumnya, kawasan wisata ini ditutup sekitar 18 hari karena adanya kebakaran hutan.

Dalam surat edaran yang disampaikan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jatim per tertanggal 5 November 2019, dijelaskan bahwa pengunjung tidak diperkenankan mendekati kawah dengan maksimal satu  kilometer dari kawah. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bondowoso Harry Patriantonokep menjelaskan, hal tersebut sudah termaktub dalam aturan yang telah disepakati. Selain itu, ada imbauan dari BKSDA. "Saat kebakaran, kami  hanya bisa berada di sekitar lereng kawah," ucapnya. 

Dia mengimbau kepada para pendaki maupun wisatawan untuk tetap berhati-hati. Sebab, sampai dengan saat ini kondisi cuaca mulai hujan dan angin juga masih kencang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kawasan Taman Wisata Alam Ijen yang berada di wilayah Kabupaten Bondowoso-Banyuwangi dilalap si jago merah. Kondisi ini terjadi sejak 19 Oktober 2019 lalu. 

Karena kebakaran itu, pendakian menuju kawah Ijen yang memiliki daya tarik blue fire ditutup sementara. Penutupan sendiri berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan  Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jatim per tanggal 20 Oktober 2019 lalu.