Workshop HAKI untuk pelaku usaha kecil.
Workshop HAKI untuk pelaku usaha kecil.

Guna mendukung pengembangan usaha industri kecil dan UMKM, Pemprov Jatim memberikan fasilitas dan layanan kemudahan pengurusan hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Melalui Bakorwil Provinsi Jatim yang tersebar di lima daerah, para pelaku usaha bisa mendaftarkan merek dagang dan produk yang dikembangkannya.

Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi Bakorwil Malang Fendi Agung Nugroho menyatakan, melalui workshop bertajuk HAKI untuk usaha yang berkelanjutan, para pelaku usaha diharapkan dapat lebih mengerti tentang arti penting merek dagang. Sehingga, para pelaku usaha dapat leluasa mengembangkan usaha tanpa khawatir ada pihak lain yang menirunya.

“Dengan memiliki hak paten merek dagang, pengusaha memiliki kepastian hukum akan produk yang dihasilkannya. Mereka tidak perlu khawatir produknya akan ditiru orang lain,” kata Fendi Agung.

Dikatakan, Bakorwil Malang akan memberikan layanan bagi pelaku usaha kecil mendaftarkan hak paten atau merek dagangnya. Layanan ini akan mempermudah dan mempercepat para pelaku usaha mendapatkan legalisasi usaha yang dijalankannya.

“Pelaku usaha kecil tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk mendapatkan HAKI usahanya. Ini merupakan salah satu implementasi program gubernur Jatim, yakni Jatim Bangkit,” jelasnya.

Salah seorang pelaku usaha minuman tradisional jamu Kebonagung, Sari, mengaku telah memanfaatkan program tersebut di Bakorwil Malang. Layanan ini telah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha kecil mendapatkan kepastian hukum produk usahanya.