Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

2020, Inspektorat Akan Acak Pemeriksaan Keuangan Desa

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

06 - Nov - 2019, 11:38

Placeholder
Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti menyampaikan, tahun depan audit ke desa akan memakai sistem acak. (Nana)

Inspektorat Kabupaten Malang telah ancang-ancang untuk menjalankan pengawasan keuangan pemerintah desa (pemdes) tahun 2020 mendatang. Tapi,  sistemnya berbeda dengan tahun sebelumnya.

 Ke depan, Inspektorat Kabupaten Malang tak akan lagi memakai skema audit bergilir. Namun, akan melakukan pengawasan dan audit secara acak bagi pemdes yang dinilainya memiliki risiko tinggi akan terjadi kesalahan administrasi maupun penyalahgunaan keuangan desa.

Hal ini disampaikan Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti. Dia menyatakan, pihaknya sedang melakukan pemetaan terhadap 378 desa terkait tingkat risiko terjadinya persoalan dalam pengelolaan keuangan desa tahun 2020.

"Tahun depan kami lakukan pemeriksaan acak ke desa. Untuk itu, kami sedang melakukan pemetaannya terlebih dulu. Mana desa-desa yang masuk dalam risiko tinggi di tahun depan untuk kami periksa," ucapnya kepada MalangTIMES, Rabu (6/11/2019).

Tingkat risiko yang dimaksud, lanjut Tridiyah, memakai acuan yang kini sedang dipetakan oleh pihaknya. Salah satunya adalah desa  yang baru melaksanakan pilkades serentak beberapa bulan lalu. Acuan itu didasarkan pada tingkat kerawanan atas ekses pilkada. Khususnya bagi kepala desa terpilih yang dimungkinkan akan 'diganggu' rivalnya yang kalah. "Ini satu indikator saja desa yang memiliki risiko tinggi yang jadi acuan kami tahun depan untuk kami periksa," ujar Tridiyah.

Seperti diketahui, Inspektorat Kabupaten Malang sejak 2017-2018 telah menyelesaikan audit 258 desa. Rinciannya, tahun 2017 sebanyak 120 desa dan  2018 sebanyak 138 desa.

Selain menyampaikan skema audit  2020 secara acak dengan acuan tingkat risiko tinggi, Inspektorat Kabupaten Malang juga menyampaikan bahwa untuk ekspos atau gelar temuan audit 2018 yang dilakukan tahun 2019 akan dilaksanakan di Desember 2019 mendatang.
Dalam rentang menuju Desember 2019, pihaknya sedang menyelesaikan pemeriksaan keuangan secara detail di 138 desa yang diaudit. Targetnya, akhir November 2019 seluruh berkas terselesaikan.

"Jadi, pertengahan Desember, ekspos atau gelar bisa kami laksanakan. Dari hasil saat ini masih ditemukan adanya kesalahan administrasi dan kekurangan volume pekerjaan," terang Tridiyah.

Masih ditemukannya hal itu membuat Inspektorat Kabupaten Malang kembali mengingatkan pemdes dalam pengelolaan keuangan desa. Pemdes wajib selalu mengacu pada APBDesa dalam melaksanakan belanja pembangunan.

"Bila ada perubahan kegiatan dan anggaran, wajib dicatat dalam dokumen perubahan. Sehingga tak menjadi temuan dikemudian hari," ucap Tridiyah.

Dia juga memberikan warning, bila di desa ditemukan kesalahan dalam audit, maka wajib ditindaklanjutinya. "Jika dalam temuan ada kekurangan volume, maka pengguna anggaran untuk menambah volume pekerjaan atau mengembalikan anggaran. Tapi jika tetap bandel, maka kami tidak bertanggung jawab jika kasusnya ditangani secara hukum,’’ tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Didik Budi Muljono menyatakan, peran Inspektorat memang terbilang vital dalam mengawasi pengelolaan keuangan desa. Sehingga, tak lagi muncul berbagai persoalan hukum yang menimpa pemdes, seperti yang terjadi beberapa tahun belakang.

"Maka lewat Inspektorat, hal ini bisa diminimalisasi. Harapan kami, tentunya tak ada persoalan hukum bagi pemdes dalam mengelola keuangan desa di tahun depannya," ujar Didik Budi.

Walau tahun depan sistem pengawasan atau audit dilakukan secara acak, Didik Budi yakin bahwa pengelolaan keuangan desa akan semakin baik dan sesuai regulasi yang ada. "Pemdes terus berubah ke arah yang lebih baik. Sehingga audit secara acak tanpa digilir per desa, saya pikir masih efektif," tandasnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Pengawasan-keuangan-pemerintah-desa Skema-audit-bergilir Inspektur-Kabupaten-Malang-Tridiyah-Maestuti



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy