Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. Rektor IAIN Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. Rektor IAIN Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES


Editor

A Yahya


TULUNGAGUNG TIMES - Dalam mengatasi masalah kenakalan remaja di kalangan mahasiswa, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang merupakan kampus terbesar di kota marmer selalu menekankan agar mahasiswa melakukan aktivitas positif. Hal tersebut disampaikan oleh rektor IAIN Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. setelah acara kuliah umum bersama Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, Senin (05/11) kemarin.

"Untuk menangani kenakalan remaja kita berikan mahasiswa untuk beraktivitas positif, dengan aktivitas terus menerus akan menjadi benalu bagi kehidupannya sehingga tidak sempat memikirkan hal yang negatif," kata Maftukhin.

Kegiatan yang dimaksud Maftukhin di antaranya adalah kegiatan seni, seminar, olahraga dan belajar bisnis yang telah di sediakan dalam kampus.

"Dengan kegiatan positif akan menjadikan mereka melupakan hal negatif," tandasnya.

Dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan obat terlarang berupa narkotika, pihak kampus telah melakukan tes narkoba bagi mahasiswa baru dan bekerja sama dengan rumah sakit. 
"Tiap siswa baru selalu kita wajibkan tes narkoba, bagi yang positif dipastikan tidak akan diterima," terangnya.

Karena peredaran narkoba semakin marak, Maftukhin juga mewacanakan test narkoba bagi mahasiswa aktif yang dilakukan tiap tahun. 
"Bagi mahasiswa aktif mungkin akan diadakan tes ulang setahun sekali," jelasnya

Sebelumnya, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia memberikan beberapa materi dalam kuliah umum yang antara lain mengenai bahaya narkoba dan kenakalan remaja pada generasi milenial.

Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019.
"Ini merupakan bentuk kegiatan yang positif dilakukan mahasiswa, kita mengapresiasi kegiatan semacam ini untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya narkoba serta kenakalan remaja," kata EG Pandia

Dalam kegiatan itu, Kapolres juga mengapresiasi hasil peserta lomba video vlog tertib lalu lintas yang telah dibuat oleh mahasiswa IAIN Tulungagung bekerja sama dengan Polres Tulungagung yang diadakan beberapa minggu sebelumnya. 


End of content

No more pages to load