Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Pemkab Blitar Dorong Jaranan Tril Masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda

Penulis : Malik Naharul - Editor : A Yahya

01 - Nov - 2019, 20:48

Placeholder
Jaranan Tril.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Setelah sukses mendaftarkan Reog Bulkiyo dan Larung Sesaji Pantai Tambakrejo, dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) beberapa waktu lalu,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) akan mendaftarkan Jaranan Tril menjadi tradisi budaya khas Blitar.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso. Menurutnya, Jaranan Tril merupakan budaya kesenian yang sangat erat dan menjadi kekhasan dari masyarakat Blitar.  

Sudah berkembang di masyarakat Blitar apabila Jaranan Tril ini ditampilkan masyarakat sepakat bahwa jaranan ini lah yang menjadi khas-nya Blitar. Jadi Jaranan Tril itu sangat khas dan lengkap, jadi ada jaranannya, ada barongannya, ada celengannya, dan kenangannya pun sangat khas, inilah yang sebenarnya ingin kita lestarikan betul," ungkap Suhendro Winarso saat ditemui BLITARTIMES.

Dia menambahkan, meskipun saat ini dia belum berani menyampaikan dengan tegas bahwa Jaranan Tril merupakan tradisi kesenian khas Blitar. Akan tetapi saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan sejarawan dan juga budayawan untuk mengkaji kekhasan dari jaranan tril dari Blitar.

"Jadi dalam masyarakat jawa ini kan banyak berkembang jaranan dengan berbagai coraknya, ada jaranan pegon, senterewe Kuda lumping dan lain-lain. Nah, saat ini dari Dinas Parbudpora sedang bekerja sama dengan budayawan dan sejarawan untuk membuat kajian yang lebih mendalam tentunya dapat dipertanggungjawabkan secara akademis apa ciri khas dari jaranan tril itu sendiri dan kenapa jaranan tril menjadi khas-nya Blitar," terangnya.

Dia optimistis, dengan melakukan kajian-kajian budaya dan sejarah tentang Blitar, pihaknya akan segera mengusulkan Jaranan Tril dalam daftar tradisi budaya masyarakat Blitat dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

"Kami juga akan terus melakukan monitoring serta evaluasi bersama sejarawan dan juga budayawan untuk menentukan jenis-jenis kesenian apa saja yang layak diusulkan ke pemerintah pusat yakni Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia agar terdaftar tradisi budaya masyarakat Blitar bisa kita usulkan kembali dalam WBTB," tandasnya.(*)


Topik

Wisata blitar-brita-blitar Kepala-Dinas-Parbudpora-Kabupaten-Blitar-Suhendro-Winarso Menggelar-Acara-Jaranan-Tril-menjadi-tradisi-budaya-khas-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Malik Naharul

Editor

A Yahya