Plt Wali Kota Blitar, Santoso
Plt Wali Kota Blitar, Santoso

Seluruh Bank Sampah di Kota Blitar mendapat bantuan peralatan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar. Beberapa bantuan di antaranya solar cell, Mesin Pencacah Sampah, Komposer, timbangan dan kantong sampah kering.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso, berharap dengan bantuan yang diberikan, bisa memotivasi pengurus bank sampah, untuk terus mengampanyekan perilaku peduli sampai dimulai dari dapur sendiri. Selain itu, juga agar memudahkan mereka dalam mengelola sampah yang masuk, sehingga bisa bernilai ekonomis dan minim buang, yang secara tidak langsung bisa menambah nilai ekonomis ke semua anggota dan warga.

“Pemkot Blitar melalui DLH, sengaja memberi alat komposer untuk membantu pengurus Bank Sampah dalam membuat kompos dengan cara mudah, murah dan maksimal, serta bernilai rupiah tinggi. Khusus untuk timbangan dan kantong sampah kering, bisa dimanfaatkan untuk keperluan operasional,” ungkap Santoso dikutip BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (30/10/2019).

Dikatakan, alat tersebut juga bisa digunakan untuk pemilahan dan pengukuran berat sampah, termasuk mesin pencacah sampah. Dengan bantuan ini diharapkan pengurus Bank Sampah bisa mudah memproses dan memilah sampah dengan cepat. “Ini adalah bentuk dukungan kita ke warga, agar mereka semangat dalam membangun dan mengembangkan bank sampah,” tandasnya.(*)