Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander saat memberikan helm kepada salah satu pengendara (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander saat memberikan helm kepada salah satu pengendara (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Dalam Operasi Zebra Semeru 2019, Polisi tak 100 persen melakukan tindakan langsung atau tilang kepada para pelanggar. 20 persen di antaranya, polisi melakukan operasi simpatik guna memberi wejangan kepada para pelanggar untuk tertib berlalu lintas.

Upaya memberi wejangan tersebut, selain memberikan imbauan langsung secara lisan, juga diringi dengan pembagain 35 helm kepada para pengendara yang terlibat menggenakan helm tak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexnader menjelaskan jika dalam kegiatan ini, pihaknya tidak melakukan tindakan langsung. Upaya persuasif tetap dilakukan, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu lintas, hingga berdampak menurunnya angka kecelakaan dan meningkatnya angka kesadaran hingga 100 persen.

"Bukan hanya helm, kami juga mengapresiasi pengendara yang tertib berlalu lintas dengan membagikan bunga, serta membagikan coklat sebagai hadiah," jelas Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexnader (29/10/2019).

Dalam kegiatan pembagiaan helm, coklat dan bunga, dilakukan di kawasan Jalan Brigjen Slamet Riadi. Para pengendara yang lewat dan terlihat tidak menggunakan helm SNI, langsung diberhentikan dan diminta melepas helm nya kemudian digantikan helm yang baru oleh petugas.

Di sana, dari semua pengendara yang diberhentikan begitu takut saat dihampiri oleh petugas. Mereka awalnya menyangka jika akan langsung ditilang oleh petugas. Dari gelagat tubuh maupun raut wajah pengendara terlihat mereka salah tingkah ketika dihampiri.

Namun raut wajah mereka menunjukan kelegaan setelah polisi ternyata tidak menilangnya. Nampak wajahnya pemuh senyum setelah helm butit mereka yang tak sesuai SNI langsung diganti helm baru oleh petugas. "Agak kaget dan takut juga pas dihampiri. Pikir saya mau ditilang, tapi ternyata malah diberi helm yang baru. Anak saya juga dikasih coklat," jelas salah satu pengendara yang mendapatkan helm baru gratis.