Bupati dan Wabup menegaskan Pemkab Blitar berkomitmen meningkatkan kualitas hidup lansia di Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati dan Wabup menegaskan Pemkab Blitar berkomitmen meningkatkan kualitas hidup lansia di Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Sosial menggelar resepsi peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23, Selasa (29/10/2019). Acara yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi, dihadiri ratusan lansia dari berbagai organisasi dan komunitas.

Acara dibuka oleh Bupati Blitar Rijanto didampingi Wakil Bupati Marhaeinis Urip Widodo serta Forkopimda. Acara kemudian diisi dengan senam bersama. Di kesempatan ini bupati juga mengukuhkan pengurus Yayasan Grontologi Abiyoso (YGA) Kabupaten Blitar Masa Bhakti 2019-2024 yang diketuai Aji Mujiono. YGA merupakan suatu yayasan yang didedikasikan untuk para orang tua/ pensiunan yang ada di Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar, Rijanto, mengatakan, peringatan Hari Lansia ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada para lansia yang telah berkarya untuk bangsa dan negara, dan tetap semangat beraktivitas meskipun sudah sepuh (tua-jawa).

“Pemkab Blitar memberikan perhatian luar biasa kepada kaum lansia. Kegiatan-kegiatan lansia kita back up lewat APBD, kegiatan lansia telah kita atur sedemikian rupa lewat Komda Lansia yang diketuai Bapak Wakil Bupati. Seluruh organiasi lansia masuk di dalam Komda Lansia ini, salah satunya YGA. Dan hasilnya, prestasi-prestasinya cukup bagus, salah satunya Kelurahan Beru yang meraih juara 1 Karang Werda tingkat Jawa Timur, prestasi ini juga sebelumnya diukir daerah-daerah lain di Kabupaten Blitar,” ungkap Bupati Blitar.

Di kesempatan ini bupati mengucapkan terimakasih kepada pengurus organisasi-organisasi lansia meliputi YGA, PWRI, PETA, Vetaran dan lainnya, yang terus menggelar kegiatan-kegiatan bagi lansia, sehingga para lansia di Kabupaten Blitar memiliki kualitas hidup yang baik.

“Program dan kegiatan lansia tersebut sangat dirasakan oleh kaum lansia yang ada di bawah. Dan kita dari Pemda terus mendampingi mereka dalam melaksanakan kegiatan. Hasilnya bagus, lansia-lansia di Kabupaten Blitar banyak yang masuk di organisasi senam tera,” paparnya.

Sementara itu Wakil Bupati Blitar Marhaeinis Urip Widodo selaku Ketua Komda Lansia, menyampaikan sesuai dengan visi-misi dan arahan Bupati/Wakil Bupati, keberhasilan kegiatan dan program Komda Lansia adalah untuk membantu pemerintah daerah.

“Telah banyak inovasi yang dilakukan Komda Lansia. Dan terbukti, banyak lansia di Kabupaten Blitar ini produktif, meski usianya sudah sepuh tapi mereka masih energik, seperti menjahit, kemudian bikin jajan dan kerajinan. Ini membuktikan lansia masih punya sumbangsih memajukan Kabupaten Blitar,” paparnya.

Lebih dalam tbupati dan Wakil Bupati Blitar mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Blitar mengucapkan Selamat Hari Lanjut Usia Nasional ke 23. Semoga dengan adanya peringatan ini, semakin banyak lagi perhatian pemerintah daerah kepada kaum lansia. Pihaknya juga menjelaskan bahwa lansia jangan dipandang hanya bisa momong cucu, namun mereka juga tetap bisa berkarya dan menyumbangkan pemikirannya untuk pembangunan.

“Pesan saya kepada kaum lansia, miliki prinsip, sehat, berguna dan bermartabat,” pungkas bupati. (kmf)