Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wawali Bung Edi Minta Siswa Harus Terus Hidup Harmonis dengan Beragam Suku di Kota Malang

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Heryanto

26 - Oct - 2019, 18:45

Placeholder
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat memberi sambutan dalam event Pelangi Bangsaku ke-8 di SMAK Kolese Santo Yusup Malang. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Merawat bangsa Indonesia yang mempunyai hampir 700 lebih suku yang tersebar di 17 ribu kepulauan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan satu kesungguhan. 

Untuk itu, harus ditanamkan kepada generasi muda di setiap sekolah.

Hal ini dinyatakan oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dalam sambutannya saat menghadiri pembukaan event Pelangi Bangsaku ke-8 di SMAK Kolese Santo Yusup Malang, Sabtu (26/10/2019).

"Butuh satu kesungguhan dan tentu selalu kita tanamkan kepada anak didik yang ada di sekolah-sekolah," ucap Bung Edi.

Bung Edi menyampaikan, Wali Kota Malang bersama seluruh perangkat daerah yang ada di Kota Malang terus membangun suatu kehidupan yang harmonis di Kota Malang.

"Sebab di Kota Malang ini insya Allah
sukunya dari Sabang sampai Merauke ada. Termasuk di Smak Kolese Santo Yusup, siswanya dari Sabang sampai Merauke," tuturnya.

Untuk itu, ia mengajak untuk menjaga Kota Malang agar tetap harmonis. 

Sebab, di Kota Malang tempat menuntut ilmu, mengais rezeki, dan berkarya untuk bangsa dan negara.

Lebih lanjut Edi menyampaikan, event Pelangi Bangsaku yang merepresentasikan keragaman Indonesia ini memberikan satu pembelajaran, yakni merawat bangsa yang berbhinneka butuh kebersamaan, kesadaran, dan pengorbanan.

"Karena di situlah sebetulnya kita bisa saling menggali lebih dalam. Karena perbedaan kita bisa belajar, karena perbedaan kita bisa mengetahui satu dengan yang lain. Sehingga dari khasanah itulah sebetulnya modal dan kekuatan terbesar kita adalah justru di Bhinneka Tunggal Ika itu," paparnya.

Ia berharap, Pelangi Bangsaku yang mengangkat tema Pelangi Bangsaku sebagai Sarana untuk Mencintai Budaya Bangsa dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Luhur  Pancasila ini ke depannya bisa diadakan di luar sekolah.

"Harapannya bisa dilakukan juga di tempat-tempat lain karena ini kan yang hadir seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," harapnya.

Kalau bisa, lanjutnya, sekolah bekerja sama dengan dinas yang menangani bidang pendidikan, entah di provinsi maupun di kota.

"Bisa berkolaborasi dan ditempatkan pada area yang representatif. Sehingga masyarakat di luar bisa menikmati, belajar, dan lain sebagainya. Jadi bukan saja pengetahuan. Tetapi nilai-nilai itulah yang hakiki," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Wakil-Wali-Kota-Malang -Sofyan-Edi-Jarwoko Suku-di-Kota-Malang SMAK-Kolese-Santo-Yusup-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Heryanto