Bupati Malang Sanusi (kiri) dan Sekda Didik Budi serta Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Syamsul Hadi dalam sebuah acara (Ist)
Bupati Malang Sanusi (kiri) dan Sekda Didik Budi serta Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Syamsul Hadi dalam sebuah acara (Ist)

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, kembali membuat langkah positif bagi masyarakat pengguna air minum. Yakni, dengan melakukan penandatanganan dan pelibatan kerjasama dengan lembaga sertifikasi khusus yang menangani profesi air minum.

Kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Air Minum Indonesia (LSP AMI) secara langsung semakin menguatkan dukungan Perumda Tirta Kanjuruhan yang memiliki produk air minum dalam kemasan. Khususnya, bagi masyarakat pengguna atau konsumen air minum kemasan Tirta Kanjuruhan.

"Kita beri jaminan keamanan untuk air minum Tirta Kanjuruhan. Dimana melalui kerjasama ini akan semakin menguatkan hasil atau produk air minum. Karena melalui LSP AMI kompetensi sumber daya manusia di produksi ini secara periodik akan diuji," ucap Syamsul Hadi Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan yang juga merupakan Ketua Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia Jawa Timur (Jatim).

Bukan hanya akan memberi jaminan keamanan untuk air minum, kerjasama dengan LSP AMI juga akan semakin menguatkan citra Perumda Jasa Tirta sebagai perusahaan plat merah. Baik dalam melaksanakan berbagai tujuan pelayanan kepada masyarakat dalam konteks organisasi perangkat daerah (OPD). Maupun sebagai perusahaan yang memiliki tujuan profit oriented dalam mengembangkan berbagai unit usaha yang sesuai dengan regulasi.

Dua fungsi Perumda Tirta Kanjuruhan ini akan tercapai dengan pelibatan berbagai elemen yang terkait dalam pengelolaan air bersih maupun unit air kemasannya.

Tak hanya fokus dalam menggandeng dan melibatkan lembaga sertifikasi yang secara periodik akan melakukan uji kompetensi kepada para pegawai yang berprofesi dalam air minum. Perumda Tirta Kanjuruhan juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan Lembaga Pendidik dan Pengkaji Pajak (LP3).

Kerjasama itu dalam rangka menguatkan sumber daya manusia di Perumda Tirta Kanjuruhan dalam peraturan perpajakan dan penyusunan tax plan untuk mendukung rencana kerja dan anggaran perusahaan daerah air minum.

"Kerjasama ini juga untuk semakin menguatkan kita sebagai perusahaan yang tertib hukum dalam pajak. Sehingga diharapkan pegawai kami akan semakin mengetahui terkait hal itu," ujar Syamsul.

Bupati Malang Sanusi juga memberikan apresiasinya atas langkah Perumda Tirta Kanjuruhan. Dimana dirinya menyampaikan, bahwa dengan dua fungsinya itu, Perumda Tirta Kanjuruhan memang harus terus melakukan kerjasama dengan pihak lainnya.

Karena, lanjut Sanusi, ke depan hambatan dan tantangan akan semakin berat. "Karena itu butuh SDM yang mumpuni. Salah satu cara ke sana ya melibatkan pihak terkait di luar pemerintahan, seperti lembaga sertifikasi dan lainnya," ucapnya.