Ilustrasi.(Foto : Ist/Radar Cirebon)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Radar Cirebon)

Pemerintah Kabupaten Blitar mengumumkan secara resmi kuota rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2019, sebanyak 541 formasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi. 

Menurutnya, jumlah formasi kali ini tidak jauh berbeda dengan jumlah yang diusulkan ke pemerintah pusat yakni sejumlah 566 formasi. Jumlah ini mengacu pada jumlah pegawai yang sudah dan akan pensiun pada 2019 ini.

“Jumlahnya sudah mendekati usulan kita ke pemerintah pusat, namun ternyata jatah yang diberikan 541 formasi. Jumlah ini akan segera kita publish penetapan dari Pak Bupati selaku PPK,” kata Mashudi pada Rabu (24/10/2019).

Menurutnya, ada tiga formasi pada rekrutmen CPNS 2019 kali ini, yakni tenaga Pendidikan, tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis. Sedangkan untuk pemberkasan akan menggunakan sistem online

Untuk itu, pihaknya mengimbau pada para calon pendaftar untuk mempelajari setiap tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh BKPSDM. 

“Jadi para pendaftar CPNS harus mempelajari tahapan secara online, untuk pemberkasan akan pakai sistem online. sehingga para pendaftar harus mempelajari itu agar bisa lancer semua harapan kita,” terangnya.

Mashudi menambahkan, untuk alur pendaftaran CPNS 2019 kali ini seleksi administrasi ditargetkan akan berlangsung hingga awal tahun 2020. 

“Jadwal pastinya setelah disetujui oleh Bupati nantinya seleksi administrasi akan berlangsung hingga tahun 2020 sekitar bulan Februari itu untuk Seleksi Kometensi Dasar (SKD). Kemudian untuk bidangnya sekitar bulan April,” sambungnya.

Lebih lanjut, Mashudi menerangkan bahwa untuk pelaksanaan CPNS 2019 kali ini akan menggunakan sistem zonasi. 

“Untuk zonasinya kita Kota dan Kabupaten Blitar kemudian Kota Kediri dan Trenggalek, ini nanti yang kita sepakiti dulu nantinya. Jadi untuk zonasinya kita akan ada audiensi kesepakatan. Sedangkan untuk pelaksanaanya langsung dari daerah masing-masing,” tandasnya.(*)