Damkar dan masyarakat berupaya memadamkan kobaran api.
Damkar dan masyarakat berupaya memadamkan kobaran api.

Dua rumah warga di Desa Sukowetan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, dilalap si jago merah. Satu rumah milik Lamuji ludes  dan satu rumah lagi milik Kasani hanya terbakar sebagian. 

Bukan hanya rumah. Enam ternak kambing milik Lamuji tidak luput dari amukan api.

Kerugian diperkirakan hingga ratusan juta rupiah. Namun beruntung tidak ada korban jiwa manusia dalam kejadian ini.

Muhaimin, salah satu warga yang juga merupakan tetangga korban, bercerita bahwa kobaran api terlihat dari arah belakang rumah korban. Karena kencangnya angin, api terus merembet hingga kandang ternak.

"Tahu-tahu kobaran api sudah besar dan menghanguskan rumah Lamuji. Sedangkan rumah Kasani terbakar sebagian. Selain itu, kandang ternak dan ternak Lamuji juga tidak bisa terselamatkan," ungkap Muhaimin, Rabu (23/10/19).

Kepala Desa Sukowetan Mohamad Sururi menambahkan, jika ditotal, ketugian kedua korban mencapai ratusan juta rupiah.  Itu karena perabotan rumah dan enam ekor kambing milik Lamuji tidak terselamatkan.

Sementara itu, Tukimin selaku kasi damkar Trenggalek mengatakan timnya kesulitan mencari sumber air. Alhasil proses pemadaman jadi memakan waktu lama. "Namun setelah dilakukan pemadaman oleh tim yang juga dibantu warga, api bisa dikuasai sekitar pukul 15.00 WIB," pungkas Tukimin.