Peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Alun-Alun Rambipuji Jember (foto : Izza : Jatim TIMES)
Peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Alun-Alun Rambipuji Jember (foto : Izza : Jatim TIMES)

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 1441/2019 masih terus diperingati oleh masyarakat di Jember. Seperti yang digelar di Alun-Alun Kecamatan Rambipuji. Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief yang hadir pada peringatan HSN ini menyampaikan, HSN harus menjadi daya dorong untuk mewujudkan santri unggul di berbagai bidang.

“Sudah saatnya santri terlibat penuh dalam pembangunan NKRI, harus bisa menjadi santri yang unggul, menjadi sosok yang mumpuni dalam berbagai bidang,” terang Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, dalam pengajian di Alun-alun Kecamatan Rambipuji Jember.

Pada peringatan Hari Santri Nasional 2019 ini digelar pameran produk hasil karya santri dari beberapa pesantren di Jember. Bagi Wabup, santri kreatif ini harus bisa menjadi sosok yang bergerak dalam ekonomi makro, menjadi pengusaha besar. “Dan, santri harus siap terjun di segala bidang, mulai saat ini santri harus betul-betul mempersiapkan diri untuk menyongsong masa depan. Santri harus punya cita-cita yang jelas ketika sudah keluar dari pesantren,” pesan Wabup.

Pemerintah Kabupaten Jember, lanjut Wabup, mendorong para santri untuk menjadi santri yang unggul. Ini dilakukan melalui program santri berprestasi di pesantrennya. Pemerintah daerah akan mengawal santri berprestasi itu dalam menempuh pendidikannya hingga ke jenjang strata tiga (S3). “Program ini ditujukan agar para santri bersemangat menjadi santri-santri yang berprestasi di Kabupaten Jember,” tandas Wabup, yang juga pengasuh Ponpes Al Falah Karangharjo Kecamatan Silo ini.

Sementara ketua Panitia Ahmad Wildan Zakrowan S.E,. dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini merupakan gerakan pertama dari gabungan beberapa organisasi dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk menghargai dan mengingat kembali semangat resolusi jihad yang telah digelorakan KH.Hasyim Ashari dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Ia berharap semua elemen masyarakat mampu mengingat dan meneladani semangat yang ditunjukkan oleh para ulama dan para syuhada. Ahmad Wildan Zakrowan juga mengajak masyarakat agar semangat resolusi jihad menjadi inspirasi dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

“Utamanya untuk para santri, sudah saatnya santri bangkit, sudah saatnya santri terlibat penuh dalam pembangunan NKRI,” pungkasnya. (*)