Suasana pemeriksaan kesehatan di booth Dinas Kesehatan Kota Malang, dalam acara Bazar Wisata Halal (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Suasana pemeriksaan kesehatan di booth Dinas Kesehatan Kota Malang, dalam acara Bazar Wisata Halal (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Beragam stan produk usaha penuhi area Jl Gajah Mada Kota Malang sejak Senin (21/10) dan masih berlangsung hingga hari ini (Selasa, 22/10). Tak mau kalah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang juga turut unjuk aksi dalam gelaran Bazar Wisata Halal ini.

Berbagai peralatan kesehatan dan informasi kesehatan telah disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mampir ke booth Dinkes Kota Malang. Namun, kali ini pelayanan yang diberikan bukan dari petugas kesehatan melainkan dari Santri Husada Pondok Pesantren Al Munawwaroh.

Santriwati yang mendapat pembinaan dari Puskesmas Kedungkandang ini dengan sigap melayani pemeriksaan kesehatan bagi siapa saja yang mampir ke booth Dinkes Kota Malang.

Penanggung Jawab Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Kedungkandang, Ratih Widjastuti mengatakan dalam momen kegiatan ini masyarakat bisa melakukan pemeriksaan dasar kesehatan secara gratis.

"Mulai dari pemeriksaan kesehatan dasar ya, ukur tensi dan yang lain. Kemudian di sini kami juga memberikan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," ujarnya.

Salah satu mengenai PHBS yang diberikan kepada masyarakat yakni mengenai cuci tangan pakai sabun dengan bersih dan benar. Kader Santri Husada siap memberikan informasi tersebut kepada siapapun yang mengunjungi booth ini.

Tak hanya itu, beberapa produk kewirausahaan juga ikut dipamerkan dalam ajang tersebut. Seperti hasil dari pembuatan minyak aroma terapi Surya Care dan juga sabun dari pengolahan minyak jelantah.

"Kita tampilkan juga hasil kewirausahaan yang telah dibuat. Ada semacam minyak aroma terapi Surya Care dan sabun yang dibuat dari minyak jelantah. Sehingga tidak hanya periksa kesehatan, tapi juga mengenalkan kepada masyarakat ini hasil kewirausahaan bidang kesehatan yang kita miliki," pungkasnya.