Petugas Bea Cukai Pasuruan mengamankan rokok ilegal
Petugas Bea Cukai Pasuruan mengamankan rokok ilegal

Petugas Bea Cukai Pasuruan berhasil menangkap seorang pengepak rokok ilegal di Desa Ketanireng, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Sayangnya petugas Bea Cukai gagal meringkus bos pemilik pabrik rokok ilegal yang diduga berasal dari Sidoarjo.

Tersangka yang diamankan petugas Bea Cukai Pasuruan yakni Mulyono (50). Ia ditangkap saat mengerjakan order pengepakan rokok yang dikirim seorang kurir bernama Eko, asal Tanggulangin, Sidoarjo.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan 18 boks rokok yang tanpa dilengkapi pita cukai. Selain itu juga diamankan sebuah mobil Luxio Nopol L 1572 CV yang dipergunakan untuk mengirim order pengepakan rokok di rumah tersangka.

Kasubsi Penyidikan Bea Cukai Pasuruan, Nanang Sekti W, menyatakan, pihaknya mengaku kesulitan mengembangkan penyidikan untuk mengungkap kurir maupun bos pemilik rokok ilegal tersebut. Karena tersangka Mulyono tidak bisa mengenal latar belakang orang yang memberinya order pengepakan rokok ilegal tersebut.

“Tersangka tidak bisa menunjukkan identitas pengirim atau pemilik rokok tersebut. Ia hanya mengenal nama Eko, warga Tanggulangin Sidoarjo,” kata Nanang Sekti.

Meski demikian, pihaknya terus melakukan pengusutan terhadap Eko yang telah diketahui ciri-cirinya. Pihaknya juga akan menetapkan Eko dalam daftar pencarian orang (DPO) atas pelanggaran Undang-undang No 39 tahun 2007 tentang Cukai.