Foto Muhlis / Jatim Times/kebakaran hutan

Foto Muhlis / Jatim Times/kebakaran hutan


Pewarta

Muhlis

Editor

Yunan Helmy


Kebakaran hutan melanda kawasan Taman Wisata Alam Ijen yang berada di dua wilayah: Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Kebakaran in terjadi sejak Sabtu sore (19/10/2019). Hingga kini, api belum bisa dipadamkan.

Akibat kebakaran ini, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jatim per tanggal 20 Oktober 2019 melarang para wisatawan yang akan menuju kawah Ijen. Apalagi untuk menikmati blue fire.

Abjadi, sekretaris BPBD Bondowoso, membenarkan pelarangan dan penutupan sementara tersebut. Pihaknya mengingatkan agar pendaki tak memaksakan diri untuk menaiki kawasan taman wisata alam.

Menurut dia, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan sejumlah tim dari Dinsos, satpol PP, TNI dan Polri telah bahu-membahu sejak  kemarin untuk memadamkan kebakaran hutan yang belum diketahui penyebab pastinya tersebut.

Pemadaman juga mengalami kesulitan karena angin kencang. Belum lagi, banyaknya pohon tumbang di sepanjang jalan menuju titik api.

"Kami belum tahu (penyebabnya). Tapi memang faktor cuaca sangat mendukung meluasnya kebakaran ini. Panas. Kemudian saat kita melakukan upaya untuk menjaga tidak semakin meluas, terhalang oleh panasnya cuaca. Angin yang sangat kencang yang justru mempermudah menyebarnya api," ungkapnya sembari menunjukkan video  tim BPBD yang tengah melawan angin kencang saat melakukan pemadaman.

BPBD Bondowoso belum bisa memastikan luasan lahan yang terbakar. Namun, dipastikan lokasi yang terbakar jauh dari pemukiman warga.

Informasi dihimpun, kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di kawasan yang masuk wilayah Bondowoso dan Banyuwangi. Karena itulah, pemadaman juga dilakukan  oleh tim dari Banyuwangi. Adapun kawasan Ijen wilayah Bondowoso yang terbakar yakni di Dusun Curah Macan Desa Kalianyar, Dusun Girimulyo petak 85, serta  Cangkringan petak 86 Desa Sumberejo, Kecamatan Ijen.

Diketahui bahwa sejak Sabtu sore (19/10/2019) di Bondowoso terjadi tiga kebakaran hutan dan lahan. Yakni selain di Kecamatan Sempol, juga terjadi kebakaran di perbatasan Bondowoso sebelah selatan, yakni di Desa Suco Kecamatan Maesan yang berbatasan dengan Kabupaten Jember. Kemudian  juga kebakaran hutan pinus di Desa Sumber Pandan, Kecamatan Grujugan.


End of content

No more pages to load