Wali Kota Malang Sutiaji (Foto: Humas Pemkot Malang)

Wali Kota Malang Sutiaji (Foto: Humas Pemkot Malang)



Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk memastikan semua warganya tercover jaminan kesehatan semakin serius. Program Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2020 mendatang terus diupayakan untuk diwujudkan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan program UHC sebagai jaminan untuk semua masyarakat Kota Malang agar bisa ter-cover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Anggaran yang disiapkan untuk mewujudkan itu senilai Rp 45 miliar.

"Tahun 2020 mendatang kita sudah siapkan sekitar Rp 45 miliar untuk program UHC dan tahun 2021 akan lebih kami tingkatkan lagi,” kata Sutiaji saat memberi sambutan dalam Peringatan 90 Tahun Rumah Sakit Panti Nirmala “Tribute To Out Founder” di Rumah Makan KDS, Araya pada Minggu malam (20/10).

Saat ini, memang permasalahan kesehatan menjadi salah satu yang difokuskan Pemkot Malang. Bahkan, tak hanya jaminan asuransi kesehatan saja, pihaknya juga terus meningkatkan pembangunan sarana prasarana dalam pelayanan kesehatan. Hal itu dibuktikan dengan angka harapan hidup di Kota Malang yang dinilai semakin mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Kita cukup bersyukur karena berdasarkan laporan, angka harapan hidup di Kota Malang makin meningkat tiap tahunnya, hal ini tak lepas dari kerjasama antara pemerintah beserta elemen lainnya termasuk RS Panti Nirmala," imbuhnya.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Aji ini juga menekankan untuk setiap warga Kota Malang menerapkan pola hidup sehat. Dimana hal itu terus digencarkan melalui bidang pelayanan kesehatan. Menurutnya upaya itu akan tercapai dengan adanya sinergitas Pemkot Malang dengan rumah sakit di Kota Malang.

"Tugas pemerintah daerah yang didelegasikan oleh Pemerintah Pusat salah satunya adalah bidang kesehatan. Dan tugas tersebut sudah dibantu oleh beberapa kalangan di bidang kesehatan termasuk Yayasan RS Panti Nirmala. Karena itu kerjasama dan sinergitas ini akan kami perkuat," tandasnya.


End of content

No more pages to load