Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Diungsikan, 8 Pohon Tumbang, 16 Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Sumber Brantas

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

20 - Oct - 2019, 13:42

Placeholder
Tim BPBD Kota Batu saat mebantu mengungsikan warga Desa Sumber Brantas. (Foto: istimewa)

Angin kencang bercampur dengan debu menjadi bencana cukup serius di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota  Batu, hingga Minggu (20/10/2019) pagi. Pohon tumbang, rumah rusak, dan akses jalan  membahayakan untuk dilewati masyarakat.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, ada 8 pohon tumbang  yang menutup akses jalan. Saat ini sisa-sisa reruntuhan pohon sudah dapat dibersihkan dan jalan kembali normal.

“Namun direkomendasikan pengguna jalan dari Kota Batu ke Pacet atau sebaliknya untuk sementara waktu tidak melewati jalur ini karena angin masih kencang dan berpotensi pohon tumbang,” ungkap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Ia menambahkan, kondisi jalan Raya Sumber Brantas cukup membahayakan untuk dilewati kendaraan karena material pohon tumbang. Ditambah terbatasnya jarak pandang dan terputusnya jaringan listrik. “Kendaraan yang melewati jalur dari Pacet ke Batu dan sebaliknya banyak yang berbalik arah,” katanya.

Akibat angun kencang itu, 23 rumah rusak ringan seperti atap genting yang terbawa oleh angin dan sebagainya. Kerusakan itu juga menyebabkan lima warga Desa Sumber Brantas terpaksa mengungsi demi keamanan.

Kemudian 13 warung pedagang kaki lima rusak berat. Diitambah dua bangunan green house rusak ringan.

Kemudian jaringan listrik putus. Saat ini tim PLN masih berusaha memulihkan jaringan listrik. “Kendala di lapangan angin kencang menghambat proses pemulihan,” tutup Rochim.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy