Kemenangan SDN Tunjungsekar 1 dan SD Insan Amanah dalam Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional. (Foto: Humas)
Kemenangan SDN Tunjungsekar 1 dan SD Insan Amanah dalam Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional. (Foto: Humas)

Dua sekolah dasar di Kota Malang berhasil menorehkan prestasi dalam Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional. SDN Tunjungsekar 1 Malang mendapatkan prestasi tertinggi dalam ajang yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. Yakni sebagai juara 1 Whole School kategori Sekolah Dasar Negeri.

Sementara SD Insan Amanah Malang juga turut menambah koleksi prestasi Lembaga SD di Kota Malang dengan meraih juara 3 kategori Sekolah Dasar Swasta Komponen Pembelajaran.  

Informasi tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM saat ditemui di SMK Muhammadiyah 2 Malang, Jumat (18/10/2019). Ia mengaku senang dan bangga atas raihan prestasi itu. "Senang. Siapapun mendapatkan penghargaan ya senang," ucapnya.

Soal keberhasilan sekolah dalam budaya mutu, ia menjelaskan bahwa hal itu membutuhkan kerja keras dari semua lini dalam suatu sekolah. "Namanya budaya berarti membiasakan bermutu. Hal itu kan tidak hanya dari satu titik, tidak hanya dari kepala sekolahnya saja atau dari unsur di bawahnya, tetapi semua lini yang ada di sekolahan tersebut agar bisa membudayakan yang baik yang nantinya menjadi bermutu," bebernya.

Zubaidah mengungkapkan, banyak orang yang tidak memahami maksud dari mutu itu. Pandangan sebagian besar masyarakat, bermutu adalah apabila hasilnya baik. Namun, sebenarnya ada beberapa kriteria yang membuat suatu sekolah bermutu. "Mungkin orang yang awam itu ngertinya kalau sudah bermutu yang gradenya tinggi. Padahal ada kriterianya," ucapnya.

Budaya mutu sekolah sendiri merupakan faktor penting dalam pendidikan untuk membentuk siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia, jujur, bertanggungjawab, optimis, berani, terampil, berperilaku kooperatif, ulet, disiplin, dan berintegritas.

Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel yang mempengaruhinya, di antaranya manajemen sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kinerja perpustakaan, dan pelayanan kesehatan melalui usaha kesehatan sekolah.

Prestasi yang diraih SDN Tunjungsekar 1 Malang dan SD Insan Amanah Malang ini tentu menunjukkan budaya mutu mereka dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (tolak ukur) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan.