Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dinsos Kota Malang Ajak Lansia Cek Kesehatan hingga Unjuk Aksi Bareng Wali Kota

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

17 - Oct - 2019, 17:10

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji (batik biru) saat bernyanyi bersama para lansia di HLUN Kota Malang, Kamis (17/10). (Foto: Humas Pemkot Malang)

Puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kota Malang digelar meriah oleh Dinsos (Dinas Sosial) Kota Malang. Ratusan lansia berseragam oranye terlihat antusias menikmati hiburan dan bernyanyi bersama Wali Kota Malang Sutiaji hari ini (Kamis, 17/10) di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ) Kota Malang.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Malang Pipih Triastuti mengatakan agenda tersebut menjadi hal yang luar biasa setelah beberapa rangkaian kegiatan peringatan HLUN. Mulai dari lomba karang werda, penilaian kawasan taman lansia, hingga senam lansia. Bahkan, para lansia dalam kesempatan ini juga mendapat pelayanan cek kesehatan gratis.

"Kegiatan ini rangkaian puncak yang sudah kami gelorakan sejak  2 Oktober 2019 yang lalu. Ini menjadi ajang temu kangen lansia dan juga sebagai penghargaan dari Pemerintah Kota Malang atas kepedulian terhadap lansia," ujarnya.

Dalam acara yang dikemas dengan tajuk 'Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Malang, Lanjut Usia Mandiri, Dejahtera dan Bermartabat' itu, Wali Kota Malang Sutiaji ikut berbaur dan bernyanyi dengan mereka.
 


Sutiaji  menilai keberadaan lansia di Kota Malang ini luar biasa. Dengan beragam kegiatan yang ada, ke depan mampu meninggikan angka harapan hidup lansia di angka 73 tahun. "Kota Malang sudah mulai bertambah angka harapan hidupnya, maka bagaimana untuk terus bahu-membahu antara lansia dan saling menjaga kesehatannya," ungkapnya.

Sutiaji  memastikan, fasilitasi bagi para lansia tidak akan pernah dikesampingkan. Salah satunya dengan memberikan Koordinasi Komisi Daerah (Komda) lansia sebuah sekretariat. "Atau bisa nanti disebutnya sekber (sekretariat bersama) nanti yang akan menempel pada Dinsos. Itu salah satu contoh ya, identitasnya kalau ada kunjungan kan biasanya yang dicari itu kantornya. Nanti sambil kita benahi," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan, puncak HLUN Kota Malang sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi para lansia. Ia berharap dengan angka harapan hidup bertambah, maka kesejahteraan lansia di Kota Malang juga semakin meningkat.

"Semangat mereka menjadikan acara puncak HLUN ini lebih meriah. Dengan beragam penghargaan lomba-lomba yang telah dilakukan sebelumnya. Semoga ke depan Kota Malang betul-betul bisa menjadi kota yang ramah lansia. Dan angka harapan hidupnya bisa meningkat jauh mencapai 80 tahun ke atas," tutupnya.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Wali-Kota-Malang-Sutiaji peringatan-Hari-Lanjut-Puncak-peringatan-Hari-Lanjut-Usia-Nasional-di-Kota-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy