Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati menggendong salah seorang anak pengungsi dari Wamena (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati menggendong salah seorang anak pengungsi dari Wamena (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati meminta kepada warga Lumajang yang masih ada di Wamena untuk pulang kampung jika situasi masih belum konfusif. Hal ini perlu dilakukan, agar warga Lumajang terhindar dari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

Hal ini disampaikan Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati, hari ini Kamis(17/10) usai menyambut kedatangan 63 warga Lumajang dari Wamena di Tanjung Perak Surabaya.

“Memang masih ada warga Lumajang yang memilih tidak pulang kampung dengan alasan tetap ingin bekerja di sana. Tapi tentu mereka sudah mempertimbangkan situasi keamanan disana. Hanya saja saya berharap, jika kondisinya kurang kondusif sebaiknya pulang kampung saja,” kata Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati melalui sambungan ponselnya hari ini.

Wabup tidak memberikan penjelasan, berapa jumlah warga Lumajang yang ada di Wamena, karena tidak semuanya terdata. “Kalu jumlahnya tidak bisa kita pastikan,” tegasnya kemudian.

Masih kata Wabup, sampai saat ini warga Lumajang yang sudah pulang dari Wamena mencapai 180 orang.

Sementara itu Ali Ridho, salah seorang relawan yang ikut mendampingi pemulangan warga dari Wamena mengatakan, jumlah yang pulang hari ini masih dalam proses pendataan. “Antara 62 sampai 67 orang, karena ada yang masuk dan terdata sebagai warga Jember,” kata Ali Ridho.

Ali Ridho juga menjelaskan, untuk warga yang pulang hari ini terdiri dari beberapa keluarga, yang sebagian diantaranya membawa anak kecil. “Alhamdulillah sudah sampai di Surabaya,” jelas Ali Ridho, siang ini.