Ilustrasi.(Foto : sulselsatu.com)

Ilustrasi.(Foto : sulselsatu.com)



Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar memastikan segera menggelar rekrutmen petugas panitia pengawas kecamatan (panwascam) untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Blitar 2020.

Divisi Organisasai dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kota Blitar Mohammad Ridwan, dilansir BLITARTIMES dari situs resmi Pemkot Blitar, mengatakan, sesuai arahan Bawaslu RI, panwascam harus sudah terbentuk Desember 2019. Sehingga tahapan perekrutan akan dilaksanakan bulan depan. 

Ridwan menyebut petugas panwascam yang dibutuhkan dalam lilwali 2020 sebanyak 9 orang. Jumlah itu tersebar di tiga kecamatan di Kota Blitar. Yakni Sukorejo, Sananwetan, dan Kepanjenkidul.

Mengenai tahapan pilwali, Ridwan menjelaskan, Desember nanti akan dilaksanakan penyerahan syarat dukungan pasangan calon (paslon) perseorangan. Sesuai surat edaran dari KPU, terdapat perubahan format penyerahan. Yaitu satu fotokopi KTP elektronik paslon perseorangan harus dilampiri satu formulir dukungan dari KPU. Pada periode sebelumnya, formulir dukungan bisa dilakukan secara kolektif.

“Kami akan ikut mengecek kesesuaian jumlah minimal dukungan dan sebarannya. Syarat minimal dukungan yang dikumpulkan calon perseorangan yaitu 10 persen dari jumlah DPT pemilu terakhir. Sementara sebaran jumlah dukungan yang dikumpulkan tersebar minimal 50 persen dari jumlah kecamatan,” ungkap Ridwan.

Ridwan menambahkan, selain mengawasi penyerahan syarat dukungan paslon perorangan, Bawaslu juga mengawasi proses perekrutan PPS dan PPK KPU Kota Blitar, Januari-Februari 2020 nanti.


End of content

No more pages to load