Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).



Aparatur sipil negara (ASN) Kota Malang mendapat kelas khusus untuk meningkatkan pemahamam isu hak asasi manusia (HAM). Mereka pun mendapat pemaparan secara mendasar terkait HAM melalui program Pelaporan Rencana Aksi HAM dan Peduli HAM Tahun 2019 oleh Bagian Hukum Setda Kota Malang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto menyampaikan, pendidikan HAM kepada masyarakat penting dilakukan. Dan, hal itu dimulai dari ASN. Artinya, masyarakat harus disadarkan bahwa mereka memiliki hak sebagai bekal dalam kehidupan beemasyarakat.

"Dengan demikian, ketika hak-haknya direnggut dan bahkan diabaikan oleh orang lain, ia dapat membela diri," katanya.

Lebih jauh Wasto menyampaikan, pendidikan berbasis HAM diharapkan mampu membawa kesadaran baru di masyarakat. Terutama tentang pentingnya menghargai setiap individu berdasarkan hak asasi bawaan masing-masing.

"Kegiatan ini saya harapkan mampu menjadi wahana guna memupuk rasa kebersamaan antara pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat Kota Malang. Terutama dalam membentuk kesadaran untuk berkewajiban, bertanggungjawab dan berjuang atas pemenuhan hak-hak manusia," ungkapnya.

Di sisi lain, Wasto juga berharap melalui kegiatan ini dapat  meningkatkan perlindungan, pemenuhan, penegakan dan kemajuan HAM bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Malang. Kemudian ada pemantauan, evaluasi dan pelaporan serta adanya pemahaman rencana aksi nasional hak asasi manusia yang baik. "Semuanya itu dilakukan demi pemberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," tegas dia.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kota Malang Tabrani mengatakan bahwa kegiatan ini  dapat dijadikan sebagai sarana dalam rangka menyinergikan dan menyamakan persepsi terkait data-data berperspektif  HAM dari stakeholder terkait guna kelancaran pelaksanaan pelaporan aksi HAM.

Sebagai informasi, kegiatan pembinaan HAM terkait Pelaporan Rencana Aksi HAM dan Peduli HAM Tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Savana, Selasa (15/10/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh ASN di lingkungan Pemkot Malang dari unsur kelurahan dan tim ranham/peduli HAM sebanyak 65 orang peserta. Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto turut hadir dan membuka kegiatan tersebut.

 


End of content

No more pages to load