Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ini Dia Waktu Terjadinya Hari Tanpa Bayangan Di Banyuwangi

Penulis : Muhammad Hujaini - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

14 - Oct - 2019, 18:49

Placeholder
Prakirawan BMKG Banyuwangi Anjar Triyono Hadi

Masyarakat Banyuwangi akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan pada Selasa (15/10/10). Untuk warga Banyuwangi yang ingin menyaksikan langsung, fenomena ini akan terjadi di Banyuwangi menjelang tengah hari.

"Besok posisi matahari berada tepat di atas kepala kita atau disebut titik kulminasi atau tanpa bayangan. Diperkirakan terjadi di Banyuwangi pukul 11.08 WIB," kata Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Triyono Hadi, Senin (14/10/10).

Dijelaskan, kulminasi adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Pada saat itu, matahari akan tepat berada diata Kepala atau dititik Zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal sebagai hari tanpa bayangan.

Fenomena ini tidak berbahaya bagi masyarakat. Hanya saja, akan terjadi peningkatan suhu udara antara 0,5 hingga 1 derajat Celcius dari suhu normal. Pada buan Oktober ini suhu normal adalah 32 derajat celsius.

"Besok agak terik sedikit pada jam tersebut. Mungkin terjadi dehidrasi pada saat fenomena ini terjadi. Karena panasnya ada peningkatan kita harus dapat asupan air lebih banyak," ungkapnya.

Dia menambahkan, fenomena ini sebenarnya rutin terjadi setiap tahun. Dalam setahun fenomena ini terjadi sebanyak dua kali. Fenomena alam ini terjadi sesuai dengan gerak semu matahari.

"Durasinya kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah 10 sampai 15 menit sudah ada bayangan," pungkasnya.


Topik

Peristiwa banyuwangi-brita-banyuwangi Prakirawan-BMKG-Banyuwangi-Anjar-Triyono-Hadi Masyarakat-Banyuwangi-akan-mengalami-fenomena-menjelang-tengah-hari



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Hujaini

Editor

Moch. R. Abdul Fatah