Kapolres Jember AKBP. Alfian NUrrizal saat berbincang dengan Ibu Rohati. (foto : Rendi / Jatim TIMES)
Kapolres Jember AKBP. Alfian NUrrizal saat berbincang dengan Ibu Rohati. (foto : Rendi / Jatim TIMES)

Kepedulian dan ketulusan seorang Rohati, wanita asal Dusun Krajan, Desa Andongrejo, Tempurejo, Jember, dalam membantu keperluan petugas jaga di pos Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) "diganjar" dengan hadiah umrah dari Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal SH SIK MHum.

Tidak hanya itu. Saat menemui wanita yang sehari-hari bekerja sebagai pencari kayu bakar itu pada Senin (14/10/2019) di kantor TNMB, kapolres yang didampingi beberapa perwira juga memberikan bantuan beberapa kebutuhan rumah. Antara lain selang lengkap dengan tandonnya.

“Kami berniat memberangkatkan umrah kepada Ibu Rohati karena kepeduliannya selama ini dalam membantu petugas kepolisian dalam menjaga keamanan di hutan TNMB. Ibu Rohati sudah bertahun-tahun membantu petugas jaga di TNMB dengan tulus tanpa pamrih,” ujar kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, kapolres menyampaikan bahwa sosok Ibu Rohati merupakan contoh yang baik. “Meski hidup dalam keterbatasan, baik fisik dan juga keadaan, Ibu Rohati memiliki kepedulian yang tinggi. Ini yang kami hargai dari keteladanan beliau,” beber kapolres.

Untuk pemberangkatan umrah,  kapolres meminta agar Ibu Rohati segera melengkapi surat-surat guna proses pembuatan paspor.

Sementara, Rohati sendiri tidak bisa menutupi rasa haru dan bangganya. Dengan ditemani suaminya, wanita paro baya ini tidak henti-hentinya mengucapkan syukur atas bantuan dari orang nomor satu di jajaran polisi di Jember.

“Saya tidak menyangka diberangkatkan umrah oleh Bapak Kapolres. Ini cita-cita saya sejak lama yang belum bisa saya wujudkan. Dan alhamdulillah hari ini Allah mengirim Bapak untuk mengabulkan doa kami,” ujar Rohati.

Rohati sendiri menyatakan, apa yang ia berikan selama ini semata-mata karena kepeduliannya kepada petugas yang menjaga hutan TNMB, tanpa mengharap pamrih. “Apa yang kami lakukan selama ini tidak lebih karena kami senang ada petugas yang menjaga kawasan hutan. Apalagi saya sendiri tinggal di dekat hutan sehingga juga terbantu dan merasa aman,” pungkas Rohati.