Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan saat memberikan keterangan di ruang kerjanya. (eko Arif s /JatimTimes)

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan saat memberikan keterangan di ruang kerjanya. (eko Arif s /JatimTimes)



Pengembangan sebuah desa yang memiliki potensi wisata, baik dari bentangan alamnya, produk lokalnya, maupun keunikan adat dan budaya di dalamnya, tentu saja salah satunya didasarkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sesuai dengan namanya, desa wisata merupakan kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata

Menyikapi potensi yang ada pada desa wisata di Kabupaten Kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri menaruh perhatian besar terhadap keberlangsungan pariwisata yang berkualitas di daerah Kabupaten Kediri.

Menurut Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan, banyak desa yang muncul kreativitasnya untuk mengelola potensi-potensi yang ada di desa supaya dapat dijadikan desa wisata. Hal ini mendapatkan apresiasi positif dari Pemerintah Kabupaten Kediri karena sektor pariwisata secara umum dapat memengaruhi dan meningkatkan sektor-sektor lain, terutama sektor perekonomian.

"Dengan muncul dan tumbuhnya desa wisata yang ada di Kabupaten Kediri ini, diharapkan sektor UMKM tumbuh kemudian ekonomi kreatif juga tumbuh dan menunjang sektor pendidikan,"kata dia.

Krisna menambahkan,  banyaknya desa wisata juga bisa dijadikan sarana edukasi oleh sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Kediri. "Ini memang murni kreativitas dari masing masing desa," kata dia.

Krisna menambahkan, di Kabupaten Kediri, desa wisata yang sudah berkembang di antaranya Desa Mejono, Desa Jambu, dan Desa Tawang. "Sektor pariwisata yang dikembangkan oleh Kabupaten Kediri saling memengaruhi dalam konteks positif karena desa wisata sementara ini pasarnya adalah wisatawan dari desa atau daerah. Sedangkan destinasi pariwisata yang dikembangkan oleh Pemkab Kediri seperti Gunung Kelud, Ubalan, kemudian kawasan wisata Besuki, sasarannya selain masyarakat Kabupaten Kediri, juga wisatawan dari luar daerah dan mancanegara," urainya.

"Inilah yang diharapkan menciptakan multiple effect  pada pengembangan sektor sektor lain dan tidak saling mengurangi," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, pariwisata merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Kediri.  Menyoal pariwisata, salah satu sektor pariwisata yang dewasa ini gencar dipromosikan adalah desa wisata.

 

 


End of content

No more pages to load