Munfarid, kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)

Munfarid, kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)



Gunung Kelud yang berada di Kecamatan Ngancar adalah salah satu objek wisata alam unggulan di Kabupaten Kediri. Wisata Gunung Kelud yang berlokasi 30 km dari pusat Kota Kediri ini banyak dikunjungi  wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, sehingga sangat prospektif untuk pengembangan produk oleh-oleh.

Untuk itu, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri terus mendorong dan membimbing pelaku UMKM di sekitar tempat wisata Gunung Kelud untuk menonjolkan produk-produk lokal sebagai cinderamata bagi para wisatawan. 

"Bahwa Kelud akan mendunia sebagai pariwisata, kami sebagai Dinas Koperasi dan Usaha Mikro akan membimbing dan membina UMKM di sekitar wisata Gunung Kelud karena pariwisata hampar kalau tidak ada oleh-olehnya," kata Munfarid, kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri.

Menurut dia, perajin oleh-oleh yang ada di sekitar Gunung Kelud, mulai dari kaus khusus khas Kabupaten Kediri dan kuliner, nanti akan dibina dan dilatih sehingga semakin berkualitas dan pantas untuk dikoleksi para wisatawan.

"Kalau sekitar Gunung Kelud, yang menonjol produk-produk dari pertanian seperti apokat, nanas, durian. Sirsat juga banyak disini. Dan nanti akan ada produk-produk selain buah segar, juga akan olahan. Kami juga akan mengembangkan serat nanas untuk produk kerajinan," pungkas Munfarid.


End of content

No more pages to load