Anggota Komisi C DPRD Lumajang ketika berdialog dengan Dishub Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Anggota Komisi C DPRD Lumajang ketika berdialog dengan Dishub Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha M.Si mengaku bahwa sampai saat ini jumlah SDM untuk perawatan lampu Penerangan Jalan  Umum (PJU) masih jauh dari memadai.

Ketika disambangi Komisi C, Nugraha Yudha mengatakan bahwa saat ini jumlah tenaga yang ditugaskan untuk perawatan PJU di Lumajang hanya berjumlah 2 regu atau 12 orang.

"Tenaga yang kita miliki hanya dua regu masing-masing 6 orang. Jadi semuanya baru ada 12 orang. Jumlah ini sangat tidak memadai dibandingkan dengan jumlah PJU yang harus dirawat sebanyak 7 ribu lebih," kata Nugraha Yudha dihadapan Komisi C yang dimpin Ketua Komisi, Trisno.

Sejumlah anggota Komisi C mencecar dengan sejumlah pertanyaan, termasuk diantaranya apakah kekurangan tenaga ini tidak akan disikapi dengan penambahan SDM dibidang tersebut.

"Kita ingin juga menambah SDM tapi masalahnya anggaran yang harus kita siapkan juga. Saat ini dari sisi anggaran memang belum memadai,"  kata Nugraha Yudha.

Akibat kurangnya tenaga yang bertugas mengalami perawatan PJU ini, sejumlah PJU juga banyak mengalami kerusakan, diantaranya banyak box yang berisi peralatan PJU bertenaga surya mengalami kerusakan.

"Ada banyak PJU yang sudah terpasang itu yang pembangunannya berasal dari dana pemerintah pusat dan propinsi, dan sampai sekarang belum ada penyerahan kepada kami," kata Nugraha Yudha dalam pertemuan dengan Komisi C, pada hari ini, Senin (14/10).

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Lumajang Trisno dari PPP, sesaat sebelum bertemu dengan Dishub mengatakan, bahwa kehadirannya di Kantor Dishub Lumajang untuk mendorong kinerja lembaga tersebut, karena selama ini ada sejumlah masukan terkait sejumlah masalah yang menjadi kewenangan Dishub.

"Kita banyak masukan terkait PJU, ada juga soal parkir dan masalah lainnya, makanya sekarang kita datang ke Dishub," kata Trisno, Ketua Komisi C DPRD Lumajang yang berasal dari PPP.