Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Hujan Tak Jadi Barometer BPBD Berhenti Kirimkan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kekeringan

Penulis : Fahrur rosyi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Oct - 2019, 08:28

Placeholder
Akmalul Firdaus, Kepala BPBD Pamekasan saat diwawancarai di kantornya (Fahrurrosyi)

Kemarau panjang membuat sejumlah desa di Pamekasan mengalami kekeringan. Masyarakat terdampak sangat berharap hujan segera turun. Agar debet air bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Pemerintah Kabupaten Pamekasan Melalui BPBD menanggulagi bencana tersebut masih dengan cara jangka pendek yakni dengan mengirimkan 7 tangki air bersih ke setiap desa. Meski air yang dikirim belum bisa memenuhi segala kebutuhan masyarakat terdampak, hal itu tetap dilakukan sebagai uapaya penanggulangan jangka pendek.

Sampai kini Pamekasan belum juga diguyur hujan meski masyarakat sudah lama menantinya. Namun kendati hujan turun, BPBD Pamekasan tidak akan langsung menghentikan pengiriman. Sebab turunnya hujan diperkirakan tidak langsung bisa membuat debet air cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apa lagi hanya hujan satu kali. Hal itu disampaikan oleh Kepala BPBD Pamekasan Akmalul Firdaus.

Selain itu ia mengatakan selama belum ada laporan dari kepala desa setempat BPBD tidak bisa menghentikan pengiriman air gratis itu. "Kalau sudah ada laporan dari kepala desa bahwa debet air sudah mencukupi kebutuhan masyarakat setempat baru kami hentikan pengirimannya," ujar Firdaus (14/10/2019).

BPBD akan berhenti mengirimkan air ke daerah-derah terdampak saat kebutuhan air di daerah tersebut sudah bisa terpenuhi. Sampai saat ini pihaknya masih bekerja sama dengan PDAM untuk mengirimkan air bersih ke daerah-daerah terdampak.


Topik

Lingkungan pamkeasan berita-pamekasan Kemarau-panjang BPBD-Pamekasan Akmalul-Firdaus



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Fahrur rosyi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni