Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Empat pasar rakyat di Kota Malang ditarget rampung direvitalisasi hingga akhir Desember 2019. Ke empat pasar itu adalah Pasar Kasin, Pasar Sawojajar, Pasar Sukun, dan Pasar Mergan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto belum lama ini menyampaikan, saat ini proses pembangunan ke empat pasar tersebut sedang berlangsung. Bahkan sudah hampir diselesaikan. Progres pembangunan masing-masing pasar tersebut antara 70 persen hingga 80 persen.

"Sepertinya Kasin dan Mergan selesai November, dan Sukun serta Sawojajar kami prediksi selesai akhir Desember," katanya pada wartawan.

Menurutnya, usai menyelesaikan pembangunan empat pasar rakyat tersebut, Dinas Perdagangan akan melanjutkan revitalusasi beberapa pasar rakyat lainnya. Karena tahun ini, pihaknya telah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) terhadap beberapa pasar. Diantaranya seperti Pasar Kotalama, Pasar Tawangmangu, dan Pasar Madyopuro.

"Setelah itu dapat ditentukan anggaran yang dibutuhkan," jelas Wahyu.

Lebih jauh Wahyu menyampaikan jika tahun ini ia tidak hanya harus menyelesaikan empat pasar rakyat tersebut. Melainkan juga harus menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Salah satunya pembenahan kawasan Pasar Comboran bagian timur. Peruntukannya adalah memberi ruang bagi penjual besi bekas.

Penambahan petak di area Pasar Comboran itu juga ditarget rampung akhir Desember mendatang. Sehingga pedagang bisa langsung menempati pasar yang usai dibangun. Jalanan pun dapat kembali normal seperti sebelumnya.

"Termasuk Pasar Blimbing juga menjadi perhatian kami untuk mendapat solusi terbaik," pungkasnya.