Warga kelurahan temas saat melakukan simulasi bencana di area Kampung Ekologi Kelurahan Temas beberapa saat lalu.

Warga kelurahan temas saat melakukan simulasi bencana di area Kampung Ekologi Kelurahan Temas beberapa saat lalu.


Editor

A Yahya


Deretan desa/kelurahan tangguh bencana tingkat pratama di Kota Batu bertambah banyak. Saat ini berjumlah 6 desa/kelurahan dengan predikat tangguh bencana tingkat pratama. Penambahan itu seiring dengan penobatan Kelurahan Temas sebagai desa/kelurahan tangguh bencana tingkat pratama di Jawa Timur. 

Sebanyak 6 Desa/Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Pratama tangguh bencana tingkat pratama itu, antara lain Kelurahan Temas, Kelurahan Sisir, Desa Sumbergondo, Desa Tulungrejo, Desa Pandanrejo, Desa Gunung Sari, dan Desa Junrejo.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bmadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Gatot Noegroho mangatakan, melihat Kota Batu yang berada di pegunungan manjadi daerah rawan bencana, perlu menyiapkan desa/kelurahan tanggap bencana tingkat pratama. “Untuk menyandang status itu tidak mudah ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki,” ungkap Gatot.

Di antaranya harus memiliki forum pengurangan resiko bencana. Lalu memiliki forum relawan, hingga punya kemandirian untuk menanggulangi bencana dengan biaya dari desa/kelurahan.

Pentingnya desa/kelurahan Tangguh Bencana itu agar sebuah desa/kelurahan memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat, untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

“Dan kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana,” harapnya.


End of content

No more pages to load