Suryo Widodo perwakilan dari Jawa Timur Park 2 (lima dari kanan) dan Bambang Priana Operational Manager Jawa Timur Park 1 (4 dari kanan) saat menerima penghargaan langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (Foto: is

Suryo Widodo perwakilan dari Jawa Timur Park 2 (lima dari kanan) dan Bambang Priana Operational Manager Jawa Timur Park 1 (4 dari kanan) saat menerima penghargaan langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (Foto: is


Editor

Heryanto


Sabtu (12/10/2019) menjadi hari bersejarah bagi dua museum di Jawa Timur Park Grup.

Bagaimana tidak, keduanya meraih penghargaan langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam acara puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2019. 

Penghargaan ini diterima Suryo Widodo perwakilan dari Jawa Timur Park 2 dan Bambang Priana Operational Manager Jawa Timur Park 1. 

Kedua museum itu yakni Museum Satwa dan The Bagong Adventure Museum Tubuh. 

Penghargaan ini diserahkan di Museum Kota Fatahillah, Jakarta Pusat.

Untuk Museum Satwa meraih kategori pemanfaatan program museum bagi edukasi terbaik. Dan The Bagong Adventure Museum Tubuh dalam kategori program publik terbaik.

Tahun ini keduanya berhasil menyabet dua kategori dalam Penganugerahan Bidang Permuseuman 2019. 

Tentunya untuk bisa hadir dan menerima penghargaan mereka telah melalui proses penjurian. 

Proses penilaian meliputi penilaian administratif dan penilaian langsung yang telah dilakukan dewan juri Penganugerahan Bidang Permuseuman tahun 2019.

Muhadjir mengatakan museum adalah lambang peradaban sebuah bangsa dan tingkat kemajuan bangsa tercermin dari komitmen memelihara dan memperhatikan museum.

"Semakin peduli, semakin kuat komitmennya di dalam menangani, memelihara, mengembangkan, dan memperhatikan museum, biasanya semakin tinggilah tingkat peradaban sebuah bangsa itu," kata Muhadjir.

Sementara itu Manager Marketing & Public Relation Jawa Timur Park Group Titik S mengatakan museum yang dihadirkan di Jawa Timur Park Group bukan hanya tempat wisata, namun juga tempat edukasi.

“Perpaduan antara wisata dengan edukasi, jadi bukan hanya berwisata saja tapi kesan edukasinya bisa dibawa pulang,” ungkap Titik.

Ia menambahaln The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan tempat wisata edukasi yang menampilkan anatomi tubuh manusia. 

Pembelajaran anatomi tubuh manusia dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. 

Sedangkan, untuk Museum Satwa menawarkan diorama luar biasa dari binatang kecil hingga besar.  

Termasuk  juga hewan punah dari berbagai belahan dunia.


End of content

No more pages to load