Warga Desa Sanankulon antusias ikuti pengobatan gratis.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Warga Desa Sanankulon antusias ikuti pengobatan gratis.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Sebagai upaya untuk mendorong hidup masyarakat sehat, pemuda Dusun Genengan, Desa Sanankulon, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, menggelar jalan sehat, pemeriksaan kesehatan, dan pengobatan gratis bagi masyarakat, Minggu (13/10/2019).

Dalam kegiatan yang melibatkan tenaga media dari Poskesdes dan Puksesmas Sanankulon ini, masyarakat mendapatkan pemeriksaan; cek tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula. Selain itu warga juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum. Mayoritas penyakit yang diderita warga adalah penyakit degeneratif seperti capek-capek, batuk, pilek.

Kegiatan yang dilakukan melibatkan beberapa tokoh masyarakat. Antara lain Kepala Desa Sanankulon Eko Triono, kepala dusun, ketua RW, ketua RT, pemuda serta sponsor dan donator. Pengobatan gratis yang digelar disambut antusias oleh ratusan warga mulai dari lansia hingga usia produktif.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Sanankulon Eko Triono mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah kompak menyusun jadwal kegiatan antarlingkungan dari bersih desa yang dimulai bulan Juli, dilanjutkan kegiatan selama Agustus.

Keaktifan warga Sanankulon di kegiatan kemasyarakatan terus berlanjut di bulan September hingga Oktober,. Dan menurut kades, kegiatan-kegiatan memberikan efek positif bagi kemajuan desa.

“Seperti jalan sehat dan pengobatan gratis hari ini. Kegiatan seperti ini merupakan elemen pendukung Sanankulon sebagai desa sehat. Di samping itu selain masyarakat tambah sehat yang tidak kalah penting adalah kekompakan antarwarga desa Sanankulon. Warga semakin akrab dan semakin erat interaksi antar warga desa dan tokoh-tokoh masyarakat akan semakin menciptakan suasana yang kondusif, aman, dan kompak sebagai modal pembangunan di Desa Sanankulon,” ungkap Eko.

Eko menambahkan, dalam mewujudkan Sanankulon sebagai desa sehat, pihaknya tak henti-hentinya mendorong masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat. Beberapa program di antaranya senam setiap hari minggu dan bazar oleh Pokja Desa Sehat. 

Terkait pengobatan gratis hari ini, hal ini sebagai langkah jemput bola dengan harapan seluruh masyarakat yang sakit tercover pengobatan. “Untuk Desa Sanankulon ini pengobatan di Poskesdes sudah gratis tanpa biaya dan tanpa pungutan, tapi jemput bola juga tetap kita lakukan sebagai bagian dari pembangunan kesehatan di Desa Sanankulon dan menyadarkan masyarakat tentang arti pentingnya kesehatan. Ini juga sebagai percontohan kepada desa-desa lain karena Desa Sanankulon beberapa waktu lalu terpilih mewakili kecamatan di penilaian desa sehat tingkat Kabupaten Blitar. Semoga predikat desa sehat ini bisa kami pertahankan,” paparnya.

Lebih lanjut kades alumnus Fisipol Unisba Blitar berharap acara semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan konsep disusun secara bergantian antara satu lingkungan dengan lingkungan yang lain.

”Upayakan jadwal tidak berbenturan sehingga kegiatan dapat maksimal, kata kuncinya adalah komunikasi. Semoga Desa Sanankulon lebih baik berkat kekompakan kita semua karena kita kompak bisa. Jaga kerukunan pertahankan kekompakan untuk Desa Sanankulon lebih maju,” tegasnya.


End of content

No more pages to load