Bank Jatim

Bank Jatim



PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) masih terus mengejar target perolehan dana pihak ketiga (DPK) hingga triwulan terakhir 2019 ini. Dengan target Rp 61 triliun, hingga Agustus lalu capaiannya tercatat di angka Rp 59 triliun atau 96 persen. 

Pgs. Dirut Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan pihaknya optimis target tersebut bisa terlampaui. "DPK tumbuh 18 persen sampai Agustus, yang berarti melampaui dari target pertumbuhan sampai akhir 2019 sebesar 15 persen," urainya di Malang.

"Dari sisi sumber dana, kebanyakan didominasi dana murah, yakni giro dan tabungan," lanjut Ferdian. 

Secara proporsional, DPK Bank Jatim disumbang giro umum sebesar 40 persen, tabungan 30 persen, dan deposito 30 persen. Meski demikian, angka tersebut dinilai belum ideal.

Ferdian merinci, komposisi ideal DPK terdiri dari 40 persen giro umum, 40 persen tabungan, dan 20 persen deposito. Menurutnya, pihak Bank Jatim kini tengah berupaya agar proporsi tabungan bisa terus ditingkatkan. "Proporsinya diharapkan bisa menembus 35 persen sampai akhir tahun, sedangkan idealnya mencapai 40 persen," urainya.  

DPK dari tabungan perlu dipacu pertumbuhannya karena selain dana murah, juga bersifat stabil sehingga untuk pemanfaatannya dalam penyaluran kredit menjadi lebih mudah.

Strategi mencapai target tersebut, maka di akhir Maret 2019, untuk meningkatkan pelayanan nasabah di bidang digital banking, Bank Jatim memperkenalkan fasilitas terbaru berupa QR code yang diberi nama Jatimcode.

Fasilitas tersebut merupakan pengembangan fitur mobile banking Bank Jatim melalui scan QR code. Jatimcode disediakan untuk memfasilitasi nasabah milenial Bank Jatim sebagai alternatif transaksi pembayaran yang mudah, cepat, efisien dan fleksibel.

Implementasi lain digital banking, Bank Jatim memberikan layanan kepada masyarakat di cabang dengan penggunaan mobile technology di kantor-kantor cabang. Layanan tersebut membuat masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan berbasis platform digital. Dengan demikian loyalitas nasabah diharapkan semakin kuat, juga dapat menarik nasabah baru.


End of content

No more pages to load