Peserta memotret satwa langka Kanguru
Peserta memotret satwa langka Kanguru

PASURUAN - Ratusan fotografer dari berbagai daerah antusias mengikuti roadshow lomba foto satwa bergengsi, International Animal Photo Competition (IAPC) 2019 di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan. 

Mereka berlomba menghasilkan karya foto terbaik dan mengabadikan perilaku satwa langka di kawasan konservasi tersebut.

“Mereka semua adalah pecinta fotografi yang mendukung konservasi satwa. Melalui lomba foto, kami mengajak mereka mengenal lebih dekat dengan satwa dan program konservasi di Taman Safari Prigen,” ujar Hans Manansang, Deputy Director Taman Safari Indonesia (TSI) Group sekaligus Ketua Penyelenggara IAPC 2019.

Tak hanya berburu foto model dan satwa, para peserta juga diajak untuk mengenal lebih dekat tentang program konservasi yang dilakukan di Taman Safari Prigen. 

Termasuk keberhasilan breeding satwa langka yang patut dibanggakan.

“Sehingga para peserta jadi banyak tahu tentang apa itu konservasi satwa dan semakin banyak orang yang peduli terhadap satwa-satwa, termasuk satwa endemik Indonesia,” jelas Hans Manansang.

Salah seorang peserta asal Surabaya, Andik, mengaku cukup tertantang dengan even lomba foto satwa tersebut. 

Menurutnya, memotret satwa dibutuhkan kesabaran dan kejelian saat satwa bertingkah laku.

“Tingkah laku satwa tidak bisa diatur dan bergerak bebas. Butuh kesabaran dan memotret berulang-ulang untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal,” katanya.