Salah satu pelajar saat membacakan materi makanan sehat di depan kelas SDN Sisir 02 Kota Batu, Sabtu (12/10/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu pelajar saat membacakan materi makanan sehat di depan kelas SDN Sisir 02 Kota Batu, Sabtu (12/10/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Beragam jenis sayuran disebutkan oleh 32 pelajar di SDN Sisir 02 Kota Batu, sayangnya semua yang  disebutkan merupakan sayuran yang tidak disukai karena rasanya pahit saat dimakan. Untuk itu, Federal International Finance (FIFGROUP) cabang Kota Batu hadir di tengah-tengah para pelajar itu, Sabtu (12/10/2019).

Ya melalui programnya Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP menggelar Jam Sosial FIFGROUP Mengajar di SDN Sisir 02 Kota Batu. Yang mereka ajarkan kepada pelajar SD itu materinya adalah makanan sehat.

Untuk memancing para pelajar agar lebih atraktif, mereka diajak untuk menjawab beberapa soal. Misalnya, makanan apa saja yang mengandung protein, lalu diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ikan.

Tanpa ditunjuk pun mereka antusias menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh team FIFGROUP. Bagaimana tidak, jika menjawab dan berani maju di depan kelas mereka bisa mendapatkan hadiah.

Bukan hanya itu saja, bagi mereka yang berani membacakan materi di depan kelas juga mendapatkan hadiah. Mereka yang berani pun langsung maju dan membawa materi yang sudah disiapkan.

“Kenapa kita memberikan materi tentang makanan sehat ini, karena sering anak kecil gampang sakit, karena makanan gak higeinis,” kata Anna Nurcahyani PIC CSR FIFGROUP Batu yang didampingi Pak Ading Fatdhiansyah selaku Branch Manager FIFGROUP Batu beserta Bu Tutik selaku guru pengajar SDN 02 Sisir Kota Batu.

Ia menjelaskam, program ini digelar oleh FIFGROUP cabang Kota Batu sebagai upaya kepedulian terhadap sekitar. Sehingga kegiatan itu dilaksanakan di area terdekat dari kantor FIFGROUP cabang Kota Batu. 

“Bukan hanya kami memberikan bantuan sarana dan prasarana saja, tetapi kami juga berupaya memberikan pengetahuan tambahan,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Program ini merupakan upaya memberikan pengetahuan tambahan kepada pelajar di sekolah.

Melalui materi yang diberikan tentang makanan sehat itu agar pelajar tahu dan mulai mengubah pola makan yang sehat.

“Dan untuk program mengajar ini memang untuk pertama bagi pelajar. Kalau sebelumnya kita memberikan pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) tetapi untuk masyarakat sekitar,” tambah pria asal Cirebon ini.

Bukan hanya mendapatkan materi pengetahuan makanan sehat saja, tetapi mereka juga mendapatkan makanan yang bisa menjadi contoh makanan sehat. Menu yang diberikan pun tidak jauh dari burger yakni nasi cimul.

“Kalau burger itu roti, ini nasi. Tapi modelnya seperti burger. Ada nasi, sayuran, udang, daging ayamnya,” ucapanya.

Selain makanan, mereka juga mendapatkan kotak obat mini yang di dalamnya terdapat obat-obatan untuk luka ringan. “Semoga melalui program kami ini bisa bermanfaat untuk sekolah dan pelajar di sini,” harap Ading.

Sementara itu, guru SDN Sisir 02 Kota Batu Buditriastutik menambahkan, hadirnya FIFGROUP memberikan pelajaran tambahan itu sangat bagus, terlebih materi yang diberikan adalah makanan sehat yang sangat dibutuhkan oleh para pelajar di sekolah. 

“Semoga dengan pelajaran tambahan bisa mengedukasi para pelajar bisa makan lebih sehat, dan semoga bisa bermanfaat,” ucap Tutik.