Bara api yang masih menyala di area Petak 4b, Daerah Pusung Cendono, Dusun Jantur, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji (Foto: istimewa)

Bara api yang masih menyala di area Petak 4b, Daerah Pusung Cendono, Dusun Jantur, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji (Foto: istimewa)



Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, bersama Perhutani, Koramil Bumiaji, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Batu dan Palang Merah Indonesia terpaksa menyisir kawasan lahan hutan di tengah malam, Jumat (11/10/2019).

Mereka yang tergabung dalam satu tim harus naik melakukan penyisiran lahan hutan, lantaran harus memadamkan api yang melahap area lahan hutan di kawasan Petak 4b, Daerah Pusung Cendono, Dusun Jantur, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

“Setelah didapati informadi dari warga karena kebakaran itu di malam hari sehingga mudah untuk deteksi, tim langsung bergerak melakukan pemadaman,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Ia menambahkan, kebakaran lahan itu diduga api berasal dari kelalaian warga yang membuka lahan di area tersebut. Kejadian ini memang sengaja dilakukan setiap kemarau terjadi.

“Dan kejadian ini memang bukan hal yang asing, tapi sangat membahayakan dan merugikan kawasan hutan yang terbakar,” imbuhnya.

Sebab dari kejadian yang disengaja itu membuat lahan kebakaran yang terimbas cukup luas. Ya akibat kebakaran itu lahan seluas 0,6 hektare harus terbakar.

“Pemadaman lahan kebakaran yang dilakukan dengan cara manual. Kemudian juga membuat sekat agar tidak menjalar,” tutup Rochim.

 


End of content

No more pages to load