Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)



Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menyiagakan 24 Puskesmas untuk melayani pengobatan dan tindakan medis bagi masyarakat dan panitia Pilkades selama Pilkades serentak 15 Oktober 2019.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati mengatakan pihaknya menjamin panitia Pilkades selama Pilkades serentak dapat terlayani pengobatan dan tindakan medis dari pemerintah daerah.

Untuk pelaksanaan Pilkades serentak, selain menyiagakan Puskesmas, Dinkes juga menyiagakan Puskesmas Pembantu dan Polindes. Semua petugas di Puskesmas hingga Polindes diminta siaga di pos masing-masing mulai H min 3 hingga H plus 3 pelaksanan Pilkades serentak.

“Tenaga medis Puskesmas memiliki kewajiban untuk memonitor keliling ke desa yang mengadakan Pilkades. Selain itu juga ada piket di Puskesmas untuk siaga jika menerima rujukan dari Polindes,” ungkap dr Christine.

Dijelaskannya, 24 Puskesmas dan jajarannya disiagakan untuk mengantisipasi adanya panitia Pilkades yang mengalami kelelahan hingga menyebabkan sakit. Meskipun pelaksanaan Pilkades hanya di tingkat desa namun memerlukan persiapan yang panjang sehingga panitia rawan kelelahan.

“Beberapa penyakit yang diantisipasi diantaranya serangan jantung dan stroke akibat kelelahan dalam menjalani kegiatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar akan melakukan pemantauan intensif menghindari adanya petugas kelelahan seperti saat Pemilu 2019,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Blitar akan digelar 15 Oktober mendatang dilaksanakan di 167 desa di 22 kecamatan. Untuk pengamanan, Pemkab Blitar bersama Polres Blitar, Polres Blitar Kota, dan Kodim 0808/Blitar menerjunkan 2.208 personel yang terdiri dari Polri, TNI dan satlinmas. Pilkades tahun ini diikuti 518 calon kepala desa.(*)


End of content

No more pages to load