Ayana Gedong Songo
Ayana Gedong Songo

Tempat wisata di Semarang kali ini akan menjadi topik pembahasan kita. Salah satu daerah di Indonesia ini termasuk populer, karena memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota Semarang memang terkenal juga dengan kawasan industri yang sibuk di Pulau Jawa, akan tetapi hal tersebut tidak membuat wisatawan enggan berkunjung. Keindahan alam dan tempat wisatanya membuat Semarang populer di kalangan wisatawan.

Anda bisa menghabiskan waktu liburan di Semarang dengan menikmati berbagai pilihan destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah, kuliner dan berbagai wisata alam lainnya yang wajib untuk dikunjungi. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi wisata menarik yang ada di Semarang untuk Anda kunjungi. Yuk simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Ayana Gedong Songo

Destinasi wisata yang satu ini tepatnya berada di daerah Krajan, Banyukuning, Semarang. Berada ditempat ini, Anda bisa menikmati suasana alam yang indah dan instagramable sambil nongkrong bersama teman-teman atau pasangan. Hal yang menarik dari tempat ini ialah pengelola Ayana Gedong Songo memang lebih menonjolkan berbagai spot berfoto yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Suasana di tempat ini juga sangat alami dan menyegarkan karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Kota Lama Semarang

Jantung kota Semarang ialah Simpang Lima yang posisinya sangat strategis, karena semua jalan-jalan utama yang ada di Ibukota Jawa Tengah yakni Semarang terhubung satu sama lain. Salah satu wisata di sekitar Simpang Lima ini yang sangat terkenal bagi para wisatawan yakni Kota Lama Semarang, dimana tempat ini dahulu merupakan pusat perdagangan di abad ke 20.

Kawasan ini memiliki luas sekitar 31 hektar dan bahkan dijuluki dengan julukan Little Netherland. Anda bisa menyaksikan sekitar 50 bangunan bergaya arsitektur Eropa, berdiri dengan gagah di Kota Lama. Saat berkeliling tempat ini, Anda bisa mengabadikan beberapa foto di spot-spot keren seperti berlatar belakang Gereja Blenduk dan Susteran Ordo Fransiskan. Perlu Anda ketahui kedua bangunan tersebut sudah berdiri sejak 100 tahun lamanya sehingga benar-benar menarik untuk dijadikan spot foto. Anda juga bisa merasakan suasana Indonesia tempo dulu saat berada di Kota Lama ini.

Klenteng Sam Po Kong

Tempat wisata di Semarang yang tak kalah menarik dan kaya sejarah ialah Klenteng Sam Po Kong. Bahkan para wisatawan mengatakan, jangan katakan sudah pernah ke Semarang jika belum mampir ke tempat ini. Tempat ini memang sangat kuat dengan sejarah Indonesia, pasalnya ditempat inilah pertama kali seorang Laksamana China yang beragama Islam datang. Laksamana Cheng Ho namanya. Tentu bukan nama yang asing di telinga kita bukan. Namanya sering kita dengar di pelajaran sejarah ketika masih sekolah.

Anda bisa mengabadikan momen saat berada di Klenteng Sam Po Kong dengan berfoto di beberapa spot keren. Selain itu, Anda juga bisa menyewa pakaian khas China di loket utama untuk berfoto layaknya masyarakat setempat. Bagi Anda yang ingin berkunjung, waktu terbaik untuk datang ialah pada sore hari.

Umbul Sidomukti

Salah satu tempat menikmati keindahan alam Semarang ialah Umbul Sidomukti. Bagi Anda yang pecinta kopi maka ada pondok kopi keren yang wajib dicoba ketika berada di Umbul Sidomukti. Anda bisa menikmati secangkir kopi sembari menyaksikan keindahan alam sekelilingnya. Lokasi tepatnya wisata ini berada di Kaki Gunung Ungaran. Pemandangannya sungguh cantik dan mempesona. Anda juga bisa mengunjungi kolam renang alam yang tidak jauh dari pondok kopi ini. Tempatnya tentu saja keren dan menyuguhkan pemandangan yang indah.

New Sabana Rawa Pening

Salah satu tempat wisata di semarang yang sedang hits dan populer ialah New Sabana Rawa Pening. Wisata ini ialah danau yang sudah mengering dan kemudian penuh ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan liar sehingga danau ini malah menjadi mirip layaknya Savana. Saat cuaca sedang cerah, Anda bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merbabu, Ungaran, dan Telomoyo. Indah sekali bukan. Akan tetapi jika musim hujan datang, tidak menutup kemungkinan savana ini akan kembali tertutup air. Sehingga akan kembali menjadi danau seperti semula, jadi jangan sampai Anda melewatkan keindahan New Sabana Rawa Pening selagi bisa.