Audensi pelaku UKM-Pariwisata di DPRD Kabupaten Pasuruan
Audensi pelaku UKM-Pariwisata di DPRD Kabupaten Pasuruan

Sejumlah pelaku UKM dan pariwisata mempertanyakan praktek ‘monopoli’ event Pemkab Pasuruan yang diselenggarakan di kawasan wisata Pintu Langit, Ledug Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. 

Kawasan wisata yang baru seumur jagung tersebut tak lain adalah milik Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), kakak Bupati Pasuruan.

Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pasuruan, Joko Widodo, Gus Ipul memiliki peran besar dalam menentukan penempatan venue event-event Pemkab Pasuruan. 

Bahkan, dalam beberapa kali kesempatan, Gus Ipul juga mengikuti rapat pembahasan agenda kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan.

“Pada rapat panitia Hari Jadi Kabupaten Pasuruan di D’Gunungan, Gus Ipul juga hadir. Dia mengajak para pelaku pariwisata untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata di Kabupaten Pasuruan,” kata Joko Widodo saat audensi dengan Ketua Komisi II dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

Namun, Joko Widodo tidak bisa menjelaskan ketika ditanya pimpinan dewan tersebut tentang kapasitas Gus Ipul turut serta dalam rapat panitia Hari Jadi Kabupaten Pasuruan tersebut. 

Namun faktanya, bahwa sejumlah even telah ditetapkan di kawasan wisata Pintu Langit.

Bahkan, even lari malam Tretes Night Run (TNR) 10K akhirnya juga dipindahkan dari yang semula di kawasan wisata Tretes ke Pintu Langit.

“Roh event TNR adalah untuk membangkitkan dan meramaikan kawasan wisata di Tretes. Multiplayer effect sangat dirasakan para PKL, pemilik villa dan hotel. Kalau dipindah ke Ledug, sudah menyimpang dari tujuannya,” tandas Joko Widodo.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono, menyatakan bahwa aspirasi para pelaku UKM-Pariwisata tersebut akan ditindaklanjuti. 

Termasuk diantaranya penyelenggaraan kegiatan yang ternyata tidak memberikan dampak positif bagi para pelaku UKM.

“Sangat ironis jika Pemkab Pasuruan yang memiliki segudang prestasi dan penghargaan tapi tidak bisa memberikan dampak positif bagi pelaku UKM-Pariwisata dalam setiap penyelenggara kegiatan. Pameran produk UKM yang seharusnya disuguhkan untuk masyarakat luar kota, ternyata hanya dibeli peserta pameran dari kecamatan lainnya. Target dan sasarannya jadi tidak mengena,” kata Joko Cahyono.

Seperti diketahui, sejumlah even Pemkab Pasuruan telah dan akan dilaksanakan di kawasan wisata milik kakak Bupati Pasuruan tesebut. 

Di antaranya event keagamaan, kepemudaan, pramuka dan hiburan yang menghadirkan artis ibukota, Raisa dan Ari Laso.