Ucapan selamat Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto kepada M Soedarman yang terpilih menjadi Wabup Malang (Nana)

Ucapan selamat Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto kepada M Soedarman yang terpilih menjadi Wabup Malang (Nana)


Pewarta

Dede Nana

Editor

Heryanto


Akhirnya, perjalanan menuju kursi wakil bupati (Wabup) Malang yang sempat membuat heboh berbagai kalangan, usai sudah. 

Saat kedua calon Wabup Malang yang akan menjadi tandem Bupati Malang Sanusi, secara langsung dipilih oleh anggota DPRD Kabupaten Malang melalui voting terbuka, Rabu (9/10/2019).

Seperti diketahui, setelah Sanusi dilantik menjadi Bupati Malang, posisi Wabup pun sempat menjadi pertanyaan banyak pihak. 

Selain dikarenakan waktu juga munculnya nama-nama "baru" yang dikirimkan oleh Sanusi setelah partai pengusung di Pilkada lalu, menyepakati kedua nama tersebut. Yakni, Abdur Rosyid Assadullah dan M Soedarman yang juga beradu visi misi dihadapan anggota DPRD Kabupaten Malang, Selasa (8/10/2019) kemarin.

Dari penyampaian visi misi itulah, 50 anggota DPRD Kabupaten Malang pun memilih keduanya di ruang sidang DPRD Kabupaten Malang.

Hasilnya, M Soedarman yang sejak awal digadang-gadangkan keluar sebagai Wabup Malang, terbukti.

Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara ini meraup suara sebanyak 44.

Sedangkan rivalnya, Abdur Rosyid, hanya memperoleh 5 suara. 

Satu suara lainnya dinyatakan tidak sah, karena tidak tercoblos.

Hal ini dibenarkan Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, yang mengatakan, proses pemilihan Wabup Malang telah dilaksanakan dan selesai.

"Sudah dilakukan pemilihan dan yang mendapat suara terbanyak adalah M Soedarman. Pemilihan kita lakukan seperti proses pemilu, dimana semua anggota dewan punya hak sama untuk memilih calon," terang Didik Gatot, Rabu (9/10/2019).

Didik mendetailkan proses pemilihan kedua cawabup Malang itu. 

Dimana, melalui panitia yang telah dibentuk, setiap anggota dewan satu persatu dipanggil sambil membawa kartu pemilih. 

Setelah itu, 50 anggota dewan ini pun mencoblos sesuai urutan nama yang dipanggil panitia.

"Ada bilik pemilih yang kita sediakan. Jadi seluruh anggota melakukan pencoblosan dan memasukkan hasil pilihannya ke kotak suara yang ada," ujar Didik Gatot.

Setelah selesai, panitia yang berasal dari anggota DPRD Kabupaten Malang pun, secara langsung melanjutkan dengan perhitunhan suara.

“Berdasarkan perhitungan suara itulah, M Soedarman unggul mutlak atas Abdur Rosyid Assadullah. Beliaunya terpilih menjadi Wakil Bupati Malang sisa masa jabatan 2016-2021. Setelah ini kita akan kirim hasil pemilihan ke Provinsi untuk selanjutnya diterbitkan SK penetapan,” tandas Didik.

M Soedarman, yang terpilih secara mutlak, mengatakan, bahwa dirinya berterimakasih atas kepercayaan seluruh pihak yang membuatnya terpilih mendampingi Sanusi sampai Februari 2021. 

Dirinya juga mengatakan, akan semaksimal mungkin membantu Bupati Malang dalam mewujudkan visi misi Madep Manteb Manetep.

"Tugas wakil adalah membantu untuk mempercepat jalannya roda pemerintahan yang telah berjalan. InsyaAllah waktu yang terbilang pendek ini akan saya manfaatkan semaksimal mungkin membantu Bupati Malang," ucap Soedarman.
 

 


End of content

No more pages to load