Pasien RSUD Bangil saat akan dimakamkan.

Pasien RSUD Bangil saat akan dimakamkan.



Hidup dan mati memang menjadi rahasia Tuhan. Namun jika sebelum ajal menjemput ia "terlantar" dan tidak mendapat pelayanan prima di RSUD Bangil, menjadi lain persoalannya.

Seperti dialami Eko BS, warga Lumbang, Kecamatan Prigen, yang menjalani perawatan di ruang HCU lantai III RSUD Bangil. Beberapa jam sebelum mengembuskan napas terakhir, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan Joko Cahyono sempat menjenguknya.

Bahkan Joko yang meminta informasi perkembangan kesehatan pasien justru kena ‘semprot’ dr Widya Eka Damayanti yang bertanggung jawab atas pasien tersebut. Joko saat itu mengingatkan bahwa keterangan medis itu salah. Namun, bukannya meminta maaf, justru dr Widya membentak dan mengaku tidak takut dengan LSM.

“Sore tadi, pasien yang tidak pelayanan baik dari dokter di RSUD Bangil meninggal dunia. Sangat ironis dan memprihatinkan pelayanan di RSUD Bangil,” kata Joko.

Menurut Joko, Eko sebenarnya memiliki kedekatan emosional dengan bupati Pasuruan. Eko yang juga anggota musisi Padang Howo kerap mengikuti show bersama bupati Pasuruan. Ia yang selama ini berobat di RSUD Sidoarjo dijanjikan bupati Pasuruan untuk dibantu fasilitas lebih baik jika berobat di RSUD Bangil.

Atas pelayanan buruk tersebut, Joko yang juga ketua Fraksi NasDem akan meminta kepada anggotanya untuk memanggil manajemen RSUD Bangil. Sebab, buruknya pelayanan ini sudah banyak dirasakan masyarakat yang berobat di rumah sakit pelat merah tersebut.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Hukum Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha (YLHPK-PU) Edi Santoso akan menginvestigasi penyebab kematian pasien yang diduga akibat keteledoran paramedis RSUD Bangil. Pihaknya juga mendesak kepada dirut RSUD Bangil untuk memeriksa dokter yang berperilaku arogan terhadap pasien dan keluarganya.

“Setiap pasien berhak mendapatkan pelayanan prima di rumah sakit. Jika nanti ditemukan adanya unsur keteledoran, kami akan menempuh jalur hukum,” ujar Edi.

 


End of content

No more pages to load