Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Satu Mantri Harus Jaga 400 Hektare Hutan, Jadi Pemicu Tingginya Kebakaran?

Penulis : Joko Pramono - Editor : Yunan Helmy

07 - Oct - 2019, 10:47

Placeholder
Kebakaran hutan di wilayah Gondang beberapa waktu lalu. (ist)

Satu mantri hutan/penjaga hutan di Tulungagung harus menjaga setidaknya 400 hektare hutan. Hutan yang berada di sekitar Pagerwojo, Sendang, dan Gondang seluas 16 ribu hektare hanya dijaga 40 penjaga. 

"Luasan lahan hutan kami 16 ribu hektare, penjaga kami cuma sekitar 40 orang," ujar Asper/KBKPH (Kepala Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan) Perhutani Tulungagung KPH Kediri Appanuddin, Senin (7/10/19).

Ke 40 penjaga hutan itu terbagi dalam 5 resort pemangku hutan (RPH), yang masing-masing dipimpin oleh satu mandor dan beranggotakan tujuh mantri. RPH itu berada di wilayah Sendang, Karangrejo, Pagerwojo, Jatiwekas ,dan Gondang.

Disinggung tentang hubungan jumlah mantri dan banyaknya kejadian kebakaran hutan di Tulungagung, Appanuddin mengatakan hal itu tak ada hubungannya.  Pasalnya, hutan yang terbakar hanya berada di wilayah Kecamatan Gondang, yang lebih kering jika dibandingkan daerah hutan lainnya. 

"Kalau wilayah Pagerwojo dan Sendang kan lebih lembab. Beda dengan Gondang yang lebih kering," terangnya.

Kebakaran hutan, lanjut Appanuddin, lebih dikarenakan disengaja. Dari data yang dimilikinya, luasan hutan yang terbakar seluas 5 hektare.

Biasanya pembakaran dilakukan oleh masyarakat pencari rumput, yang menginginkan rumput lebih subur saat musim hujan tiba.

Pihaknya sudah melakukan pencegahan dengan memberikan sosialisasi bahaya kebakaran hutan kepada masyarakat.  Dari data yang dimiliki oleh Damkar Tulungagung, hingga saat ini sudah terjadi 4 kebakaran hutan di wilayah Gondang. 

Kebakaran tahun ini lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu. Total sudah ada 55 kebakaran sepanjang tahun hingga Oktober. "Total ada 55 kebakaran, 5 di antaranya di hutan wilayah Gondang," ujar Kabid Damkar Tulungagung Rakidi.

Adapun rincian hutan yang terbakar khusus wilayah Gondang adalah Hutan Rakyat Sidomulyo,  Hutan Mojoarum, Hutan Notorejo, dan Hutan Sidem (terbakar berbarengan dengan kebakaran yang kedua).

Untuk Hutan Sidomulyo dikarenakan membersihkan kuburan dengan cara dibakar yang merembet ke hutan rakyat.

 


Topik

Peristiwa tulungagung-berita-tulungagung resort-pemangku-hutan Badan-Kesatuan-Pemangkuan-Hutan Perhutani-Tulungagung Pemicu-Terjadinya-Kebakaran-hutan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Yunan Helmy