Wakil Pimpinan KPK Nutul Gufron (dua dari Kiri), Kajari Jember Prima Idwan Mariza (tiga dari kiri), serta beberapa pejabat kejari Jember saat di acara Tilang On The Spot. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Wakil Pimpinan KPK Nutul Gufron (dua dari Kiri), Kajari Jember Prima Idwan Mariza (tiga dari kiri), serta beberapa pejabat kejari Jember saat di acara Tilang On The Spot. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)



Kabupaten Jember sebagai kota pelajar di Jawa Timur, terutama dengan banyaknya perguruan tinggi, mendorong beberapa pihak untuk mewujudkannya sebagai kota literasi hukum. Gagasan ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jember Prima Idwan Mariza SH MHum saat menggelar Tilang on The Spot di acara Car Free Day Minggu (6/10/2019).

“Jember ini memiliki perguruan tinggi ternama. Fakultas hukumnya juga telah menghasilkan lulusan terbaik. Kami memiliki keinginan agar Jember bisa menjadi kota pelajar Jawa Timur dan kota literasi hukum. Karena itu, kami akan melibatkan perguruan tinggi seperti Unej dan beberapa pihak untuk mewujudkan keinginan itu,” ujar Kajari Jember Prima Idwan Mariza.

Prima menjelaskan, langkah awal untuk mewujudkan Jember sebagi kota literasi hukum salah satunya dengan sosialisasi dan memberikan pemahaman soal hukum kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan. Salah satunya Tilang On The Spot yang digelar di Car Free Day.

“Kegiatan kami hari ini merupakan kegiatan awal untuk mewujudkan semua itu. Hari ini kami menggandeng Fakultas Hukum Unej dalam sosialisasi Tilang on The Spot. Juga konsultasi hukum tentang pencegahan dan penanganan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat,” beber Prima.

Tidak hanya menggandeng pihak kampus. Kejari Jember juga menggandeng BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, serta BPS dalam kegiatan sosialisasi ini. “Kami juga mengajak beberapa stakeholder seperti BPJS, PDAM dan BPS untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat. Dengan begitu, bisa mendorong kemajuan roda pembangunan agar kita bisa maju bersama,” ujar Prima.

Sementara, Wakil Ketua KPK terpilih Nurul Ghufron yang kebetulan juga hadir pada acara ini mengatakan, tugas  kejaksaan tidak hanya represif, akan tetapi juga kontrol sosial dengan memberikan pemahaman soal hukum dan pencegahannya kepada masyarakat.

“Saya berharap Kabupaten Jember tidak hanya menjadi bagian dari negara hukum, akan tetapi juga terlibat dalam penegakan dan pencegahan soal hukum serta memberikan kesadaran soal hukum kepada masyarakat. Kolaborasi pemerintah dengan akademisi menjadi satu untuk mencerdaskan dan pencegahan kepada masyarakat,” ucap Gufron. 

 


End of content

No more pages to load