Manager Fungsi Komunikasi dan Kordinasi Kebijakan Kantor Perwakilan BI Kediri Son Haji menerima cindera mata dari Peruri. (eko Arif s /JatimTimes)
Manager Fungsi Komunikasi dan Kordinasi Kebijakan Kantor Perwakilan BI Kediri Son Haji menerima cindera mata dari Peruri. (eko Arif s /JatimTimes)

Bagian dari upaya untuk memberikan edukasi sekaligus pengenalan sejarah mengenai Bank Indonesia, sejumlah pekerja media di Kediri mengikuti kegiatan Program Plant Visit dan Capacity Building.

Kegiatan rutinitas tahunan ini digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri dan  berlangsung 2-4 Oktober 2019.

Kegiatan ini menyasar sejumlah tempat, diantaranya berkunjung ke Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Rupiah (Peruri) di Karawang Jawa Barat, serta Museum Bank Indonesia di Jakarta.

Saat berkunjung ke Perum Peruri, puluhan pekerja media Kediri diajak berkeliling mendatangi sejumlah titik lokasi tempat memproduksi mata uang. Di sana, ada seorang pemandu yang bertugas untuk mendampingi sekaligus memberikan pemahaman edukasi mulai dari pra produksi hingga pasca produksi uang.

Saat dikonfirmasi Manager Fungsi Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Kantor Perwakilan BI Kediri Son Haji mengatakan, ini merupakan bagian dari program untuk meningkatkan pengetahuan wartawan di daerah, terkait dunia perbankan sekaligus pengenalan tentang sejarah Bank Indonesia.

"Kami berharap, kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi sekaligus menambah wawasan pengetahuan pekerja media, tentang perbankan," Paparnya Jum,at (4/10) siang.
Di waktu yang bersamaan, Perum Peruri juga mendapat kunjungan dari Perbankan provinsi Gorontalo dan Papua Barat.

Diketahui selain mencetak atau memproduksi mata uang, Perum Peruri juga melayani pembuatan Materai, Ijasah, Akta Tanah, dan Pasport. Selain melayani pemesanan dari dalam negeri, Perum Peruri juga acap kali, mendapatkan order pembuatan mata uang dari luar negeri, semisal Sri Langka, Philiphina, Bangladesh, Nepal, Thailand, Guenia dan Thailand.

Setelah mengunjungi Perum Peruri, di hari kedua rombongan wartawan diajak berkunjung ke Museum Bank Indonesia. Di tempat ini, pekerja media mendapatkan pemahaman tentang sistem Bank Syariah. Setelah selesai, rombongan diajak berkeliling untuk mengenal sejarah Bank Indonesia.